Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno memberikan keterangan kepada wartawan di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, NTT, pada Rabu (10/5/2023)/Bisnis-Erta Darwati.
Travel

Sandiaga Uno Ajak Liburan Nataru di Dalam Negeri, Cek Destinasi Wisata Favoritnya

Mutiara Nabila
Senin, 11 Desember 2023 - 21:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pasti banyak masyarakat sudah mempersiapkan diri untuk pergi berlibur.

Namun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan cukup di dalam negeri saja, yang selain lebih aman nyaman, juga lebih hemat biaya, serta bisa menggerakkan ekonomi dalam negeri.

Hal ini juga sejalan dengan banyaknya kasus terkait kesehatan yang mengintai di negara tetangga seperti lonjakan kasus Covid-19 dan juga adanya teror dari kutu busuk.

Pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Kemenparekraf memperkirakan akan ada 107 juta pergerakan dari masyarakat atau naik 144 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Menurut Sandiaga, momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik. Pasalnya, menurut survei dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), lebih dari 54 persen yang bergerak saat libur Nataru akan berwisata. Tujuannya ke Jawa Timur, Jawa Tengah Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta. Dengan ini, target okupansi hotel juga mencapai 80-90 persen.

"Kami sudah lakukan persiapan antisipasi nataru mengerjakan prosedur operasional, sarana prasarana, surat edaran telah kita luncurkan, kita antisipasi perubahan cuaca yang dinamis, pedoman pariwisata yang CHSE, dan juga surat edaran ini memastikan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Pelaksanaan langkah tersebut juga berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk dengan kepolisian," jelasnya dalam Weekly Brief, Senin (11/12/2023).

Sebelum berlibur, Sandiaga juga memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat berikut ini:

1. Cek perkiraan cuaca BMKG saat healing sebelum melakukan perjalanan berwisata. 

2. Pilih destinasi liburan di Indonesia karena kita butuh pergerakan di nusantara untuk menggerakkan ekonomi di dalam negeri yang aman dan nyaman dengan kelengkapan alat keselamatan

3. Perhatikan kondisi fisik saat berlibur, jangan terlalu lelah dan kurang tidur, terutama saat musim hujan

4. Perhatikan prosedur CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability). Jaga sampah jangan sampai dibuang sembarangan.

Adapun, Sandiaga juga memberikan sejumlah rekomendasi tempat liburan untuk perayaan Natal dan Tahun Baru. Pertama ke Yogyakarta. 

"Karena Yogyakarta selalu ngangenin," katanya. 

Kedua, ke Bali Utara atau Bali Barat, dan ketiga ke Kepulauan Riau.

"Kalau diizinkan, saya juga ingin mengecek persiapan destinasi wisata di Kepulauan Riau, terutama di Batam, Bintan, dan ingin menyambut wisatawan pertama yang datang ke Indonesia dari Singapura, Malaysia di Kepulauan Riau," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro