Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Health

Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi, Kemenkes: Tetap Harus Waspada

Mutiara Nabila
Selasa, 12 Desember 2023 - 16:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kasus Covid-19 di Indonesia dilaporkan kembali meningkat, bahkan kembali menelan korban jiwa. 

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, sampai dengan Desember 2023 kembali ada dua kasus kematian akibat Covid-19. Padahal sejak Oktober dan November tidak ada dampak fatal. Adapun, kedua pasien diketahui sudah lanjut usia.  

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Azhar Jaya mengamini bahwa kasus Covid-19, namun menurutnya masih jauh dari kapasitas yang dimiliki rumah sakit yang ada. 

"Keterisian rumah sakit akibat Covid-19 bahkan belum sampai 10 persen. Tapi kita tetap harus waspada terkait dengan peningkatan Covid ini, pemerintah tidak mau kebakaran jenggot lagi," ujarnya. 

Untuk pencegahan, kata Azhar, Kemenkes sudah menyediakan apabila masyarakat ingin melakukan vaksin booster.

"Kita sudah siapkan sentra-sentra vaksinnya. Di Dirjen P2P, kita sudah mulai siap memberikan vaksinasi masal ke masyarakat dan kita lagi dalam proses vaksinasi booster ke-3," jelasnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 6 Desember 2023, rata-rata kasus harian Covid-19 bertambah sebanyak 35-40 kasus. 

Sementara, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang. Dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0,06 persen dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat. 

Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG2 dan EG5. Meskipun ada kenaikan, namun kasus ini masih jauh kebih rendah dibandingkan saat pandemi yang mencapai 50.000 sampai 400.000 kasus per minggu.

Kemenkes mengimbau agar yang sakit untuk mewajibkan diri sendiri pakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga imunitas dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, kemudian jaga jarak, agar tidak menularkan yang lain. 

Masyarakat juga perlu waspada apabila mengalami gejala penyakit yang mengarah pada Covid-19, yakni batuk, pilek, demam dan gangguan pernapasan, agar segera melakukan pemeriksaan antigen.

Selain disiplin prokes, Kemenkes juga mendorong masyarakat terutama kelompok rentan agar menyegerakan vaksinasi Covid-19 baik dosis lengkap maupun booster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro