Kebun Binatang Surabaya/Istimewa
Travel

10 Destinasi Wisata Surabaya yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Akhir Tahun

Redaksi
Selasa, 12 Desember 2023 - 18:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan lantaran sejarahnya memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia di masa lalu.

Surabaya memiliki sejumlah tempat wisata yang cocok dikunjungi ketika akhir pekan atau liburan akhir tahun bersama orang terdekat. Selain wisata sejarah, kota ini juga memiliki banyak potensi alam yang menarik dan tempat liburan seru lainnya,berikut daftarnya.

1. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay menjadi destinasi wisata hits di Surabaya. Terletak di lantai dua dan tiga Terminal Gapura Surya Nusantara. Selain itu, gedung ini juga difungsikan sebagai dermaga kapal pesiar (cruise) internasional.

Menariknya, Surabaya North Quay berbentuk bangunan yang modern. Saat masuk ke lantai dua, Anda akan menjumpai tempat berbelanja. Sementara di lantai tiga, Anda bisa menemukan kuliner khas Surabaya.

2. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih merupakan objek wisata Surabaya yang wajib Anda kunjungi jika ingin menikmati suasana taman kota ditambah lagi, tempat wisata ini tidak dipungut biaya. Anda dapat menikmati bambu yang ditanami memanjang dan sejajar serta menikmati udara sejuk di sekitar taman. 

Destinasi wisata hits di Surabaya satu ini seringkali menjadi sasaran para anak muda yang berburu spot instagramable. 

3. Taman Bungkul

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang tidak kalah menarik adalah Taman Bungkul. Taman ini sangat indah dan cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Terletak di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul kini menjadi salah satu tempat wisata murah meriah warga lokal.

Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dari jalur bermain skate board dan BMX, jalur jogging, Wi-Fi gratis, kios makanan kaki lima, telepon umum, taman hijau dengan kolam air mancur, hingga area bermain anak seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan sebagainya. 

4. Surabaya City Zoo

Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu kebun binatang terbesar di se-Asia Tenggara, menyuguhkan koleksi spesies mencapai 211 dan terdiri atas 2.236 satwa. 

Berlokasi di jalan Setail, Wonokromo, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai area konservasi dan aktivitas riset peneliti. Harga tiketnya cukup murah yaitu Rp 15 ribu saja , namun belum termasuk wahana tambahan.

5. Museum House of Sampoerna

Salah satu produsen rokok kretek yang terkenal di Indonesia ini, ternyata memiliki sebuah museum rokok bernama Museum House of Sampoerna, tempat ini terbuka untuk umum. Meski saat ini telah diambil alih oleh perusahaan asing, Museum House of Sampoerna tetap bisa Anda kunjungi untuk mengetahui sejarah perusahaan, proses pembuatan rokok, hingga silsilah keluarga Sampoerna. Untuk mengunjungi museum ini, Anda tidak akan dipungut biaya. 


6. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo adalah tempat wisata favorit warga lokal karena siapa pun bisa masuk secara gratis. Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain di sini karena telah tersedia fasilitas out bound anak, seperti panjat dinding dan jembatan tali, juga area bermain anak. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa mencoba memberi makan rusa jinak di area kandang yang tersedia. 

Keberadaan danau yang lengkap dengan dermaga kecil menambah keseruan Anda disini untuk berfoto. Selain itu, terdapat sarana olahraga seperti jalur jogging dan lapangan yang bisa digunakan untuk masyarakat umum.

7. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo merupakan sebuah ruang terbuka hijau. Jika Anda berencana main ke sini, tempat ini hanya bisa dikunjungi pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional saja. 

Untuk menikmati kawasan ekosistem hutan bakau Wonorejo, Anda harus membayar uang masuk sebesar Rp30.000. Harga yang ditawarkan sepadan dengan fasilitas yang didapat, yaitu menaiki kapal yang akan membawa Anda ke area hutan bakau. Selama menyusuri sungai, Anda disuguhi pemandangan hutan yang indah. 

8. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe terletak di kawasan Armada Timur TNI Angkatan Laut, monumen ini menggambarkan sosok perwira TNI Angkatan Laut yang berpakaian dinas upacara, lengkap dengan pedang kehormatan. Sosoknya yang berdiri gagah menghadap ke laut, seakan siap menantang segala badai dan gelombang di lautan luas.

9. Tugu Pahlawan Surabaya

Berlokasi di sebuah lapangan luas, Tugu Pahlawan merupakan tiang tinggi yang menyerupai paku terbalik. Tugu ini dijadikan sebagai monumen untuk mengenang keberanian dan perjuangan para pahlawan yang melawan penjajah pada 10 November 1945. 

Museum Tugu Pahlawan yang dapat Anda kunjungi secara gratis dengan hanya memperlihatkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa. Sementara itu, pengunjung umum akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000.

10. Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran Lama merupakan pantai yang bersih dan berombak tenang. Disini Anda bisa duduk santai di tepi pantai ditemani angin sepoi-sepoi. Jika merasa lapar, Anda tak perlu khawatir. Ada banyak pedagang makanan di pantai ini, seperti aneka makanan laut dan lontong kupang.

Pantai Kenjeran Lama juga menawarkan berbagai aktivitas yang bisa Anda coba, seperti memancing, menaiki perahu, berenang hingga sewa becak untuk berkeliling area pantai. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp15.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro