Cara mengatasi ketombe/US Dematology
Health

Penyebab Rambut Berketombe dan Cara Menghilangkannya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 25 Desember 2023 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketombe adalah masalah rambut yang mengganggu dan juga bikin malu yang mengalaminya karena kulit kepala menjadi gatal dan bersisik.

Anda mungkin menemukan serpihan kulit di bahu, alis, janggut, atau kumis, setiap kali Anda menyentuh rambut.

Ini adalah kondisi umum yang menyebabkan kulit kepala terkelupas dan bisa sangat serius dan menular.

Beberapa penyebab ketombe tercantum di bawah ini

1. Kulit Kering

Kulit kering adalah salah satu penyebab paling umum ketombe dan juga akar penyebab ketombe yang semakin parah di musim dingin. Faktanya adalah jika kulit kepala Anda kering, kemungkinan besar bagian tubuh lainnya juga akan tetap kering.

Selama bulan-bulan dingin, kulit menjadi lebih kering dan dengan demikian orang-orang menyadari perubahan ini dan hal ini menjadi memalukan di depan umum. Ada banyak sampo dan minyak yang dapat mengisi kembali tingkat kelembapan di kulit kepala dan dapat menghilangkan situasi ketombe.

2. Pertumbuhan berlebih ragi

​Malassezia merupakan salah satu jenis jamur yang hidup di kulit kepala dan kulit tubuh kita. Hal ini menyebabkan berkembangnya ketombe. Ini adalah jenis kondisi kulit seperti dermatitis seboroik yang hanya dapat diobati dengan bantuan obat yang diresepkan dokter.

Beberapa pengobatan rumahan lainnya dapat digunakan untuk menjaga kelembapan kulit kepala, namun sampo yang dijual bebas juga tersedia di pasaran dan harus selalu diikuti dengan rutinitas perawatan kulit yang baik.

3. Kebersihan rambut yang buruk

Mungkin terdengar tidak higienis, namun banyak orang yang tidak menggunakan sampo secara cukup sehingga dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Jika Anda tidak keramas secara kasar, minyak alami di rambut akan menumpuk dan kemudian menumpuk di kulit sehingga menyebabkan ketombe.

Oleh karena itu, dua kali seminggu, seseorang harus selalu menggunakan sampo untuk mendapatkan kulit kepala yang lebih bersih sehingga dapat memecah produksi minyak sehingga membantu berkembangnya ketombe di kulit kepala kita. Coba gunakan sampo obat untuk hasil yang lebih baik.

Mencegah ketombe di musim dingin

​Bulan-bulan musim dingin dapat memberikan banyak tekanan pada rambut Anda dengan munculnya ketombe. Seseorang harus selalu memilih rutinitas kulit kepala musiman dan harus memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda. Dengan produk minyak dan sampo yang tepat, seseorang juga dapat memilih pola makan, kebersihan, dan hidrasi yang lebih baik.

Serpihan putih di bantalan bahu Anda memang terlihat memalukan, tapi jangan khawatir pria dan wanita mengalami masalah yang sama dan jangan stres karena ada banyak solusi yang tersedia. beberapa dari mereka terdaftar di bawah ini.

1. Pilihlah sampo dan kondisioner yang melembapkan

Solusi terbaiknya adalah dengan mencari sampo ketombe musim dingin terbaik yang efektif melawan ketombe dan memiliki bahan aktif yang melindungi kulit kepala dari efek yang disebabkan oleh mikroba yang ada di kulit kepala rambut kita.

Anda juga dapat menggunakan sampo yang terbukti secara klinis dengan bahan aktif dan kondisioner untuk membersihkan dan melembabkan rambut secara merata. Cobalah mencuci rambut dua kali seminggu untuk melihat hasil yang lebih baik.

2. Hindari menggaruk

Yang utama adalah menghindari keluar rumah atau melakukan aktivitas yang dapat membuat kulit kepala dan rambut Anda kering, yang dapat menyebabkan Anda menggaruk kulit kepala. Kita cenderung memakai topi atau topi di musim dingin untuk menjaga diri tetap hangat, oleh karena itu pastikan penghangatnya dapat menyerap keringat dan tidak mengganggu kulit kepala yang pada gilirannya akan membuat kulit kepala Anda gatal.

Segera setelah rambut Anda mulai gatal, serpihan putih akan terisi dan Anda akan melihat kejadian tersebut lebih terlihat dan memalukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro