Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id
Travel

Daftar Negara di Asia dengan Universitas Terbaik, Ada Indonesia

Mutiara Nabila
Jumat, 29 Desember 2023 - 21:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asia adalah rumah bagi beberapa universitas terbaik di dunia. Wilayah ini memiliki kekayaan sejarah dan tradisi budaya yang terkait dengan pendidikan. 

Berdasarkan data QS World University Rankings untuk tahun 2024, ada 16 negara di Asia yang menjadi rumah dari universitas-universitas terbaik dunia.

Sistem pemeringkatan yang diakui secara global ini mengevaluasi dan memberi peringkat pada 1500 universitas terbaik di seluruh dunia.

Berikut ini 16 negara dengan universitas terbaik di Asia:

16. Hongkong

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 7

Sistem pendidikan tinggi Hong Kong dihormati dan menawarkan beragam program. Universitas terkemuka di Hong Kong termasuk Universitas Hong Kong dan Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong.

15. Lebanon

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 8

Lebanon merupakan salah satu negara dengan universitas terbaik di Asia. Universitas di Lebanon termasuk American University of Beirut, Lebanon American University, dan Université Saint-Joseph.

14. Yordania

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 9

Yordania memiliki beberapa universitas tertua di dunia. Universitas ternama di Yordania antara lain Universitas Yordania, Universitas Sains dan Teknologi Yordania, dan Universitas Yarmouk.

13. Uni Emirat Arab

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 11

Uni Emirat Arab memiliki beberapa universitas terbaik di Asia. Universitas berperingkat tinggi di Uni Emirat Arab termasuk Universitas Uni Emirat Arab, Universitas Khalifa, dan Universitas Amerika Sharjah.

12. Thailand

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 13

Thailand memiliki jumlah universitas yang relatif tinggi di Asia. Universitas terkemuka di Thailand antara lain Universitas Chulalongkorn, Universitas Mahidol, dan Universitas Thammasat.

11. Pakistan

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 14

Pakistan memiliki jumlah universitas berperingkat tinggi yang relatif besar di Asia. Universitas Sains dan Teknologi Nasional adalah salah satu universitas yang terkenal dengan program tekniknya.

10. Bangladesh

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 15

Bangladesh memiliki beberapa universitas terbaik di Asia. Universitas terkemuka di Bangladesh termasuk Universitas Dhaka dan Universitas Teknik dan Teknologi Bangladesh.

9. Arab Saudi

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 16

Lanskap pendidikan di Saudi berubah dengan cepat. Negara ini mempunyai banyak universitas dengan peringkat teratas. Universitas terkemuka di Arab Saudi antara lain King Abdulaziz University dan King Abdullah University of Science & Technology.

8. Kazakhstan

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 21

Sektor pendidikan tinggi Kazakhstan dicirikan oleh kolaborasi dan pertukaran internasional. Universitas terbaik di Kazakhstan termasuk Universitas Nasional Al-Farabi Kazakh dan Universitas Nazarbayev.

7.Indonesia

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 26

Indonesia adalah rumah bagi beberapa universitas terbaik di Asia. Universitas terkemuka di Indonesia antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung.

6.Taiwan

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 27

Taiwan memiliki reputasi pendidikan tinggi yang kuat. Universitas terkemuka di Taiwan antara lain National Taiwan University (NTU), China Medical University, dan Asia University.

5.Malaysia

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 28

Sektor pendidikan tinggi Malaysia memiliki kehadiran yang kuat di Asia. Universitas-universitas terkemuka di Malaysia antara lain Universiti Malaya, Universiti Sains Malaysia, dan Universiti Putra Malaysia.

4. Korea Selatan

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 43

Korea Selatan merupakan negara dengan universitas terbaik di Asia. Universitas terkemuka di Korea Selatan antara lain KAIST, Seoul National University, dan Korea University.

3. India

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 45

India memiliki tradisi penelitian dan akademisi yang kuat. Sektor pendidikan tinggi di India ditandai dengan beragamnya institusi dan program. Universitas terkemuka di India termasuk Institut Teknologi India Madras dan Universitas Hyderabad.

2. Jepang

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 50

Jepang adalah rumah bagi beberapa universitas terbaik di Asia. Universitas yang paling menjanjikan di Jepang termasuk Universitas Tokyo, Universitas Kyoto, dan Universitas Osaka. Universitas-universitas ini terkenal dengan keunggulan akademis dan kontribusi penelitiannya.

1. China

Jumlah Universitas Peringkat Teratas: 71

China berada di urutan teratas daftar negara dengan universitas terbaik di Asia. Universitas terkemuka di China antara lain Universitas Tsinghua, Universitas Peking, dan Universitas Zhejiang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro