15 Biji Kopi Kualitas Tertinggi di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?/kemenparekraf
Kuliner

15 Biji Kopi Kualitas Tertinggi di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Mutiara Nabila
Rabu, 17 Januari 2024 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbicara soal kopi, bahan satu ini adalah salah satu komoditas yang bertanggung jawab atas banyak pekerjaan yang terjadi di dunia.  

Perusahaan seperti Starbucks Corporation adalah perusahaan bernilai miliaran dolar yang mampu menjual jutaan cangkir kopi setiap hari. 

Kopi banyak dikonsumsi tak hanya untuk menjadi penyemangat para pekerja di siang hari, tapi juga dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat seperti untuk menurunkan berat badan, sampai minum kopi sebagai budaya. 

Kenikmatan kopi sendiri tak lepas dari kualitas bijinya, dan di mana tanaman kopi tersebut ditanam. Kopi bubuk dalam kopi instan pasti memiliki kualitas yang jauh di bawah biji kopi asli yang digiling sendiri. 

Berikut ini 15 negara penghasil kopi berkualitas paling tinggi di dunia menurut Insider Monkey:

15. Biji kopi El Salvador

El Salvador adalah negara di Amerika Tengah yang memiliki hubungan bersejarah dengan kopi. Biji kopi telah ditanam di negara ini selama beberapa dekade, dan seperti kopi Brasil, petani El Salvador juga terkenal dengan jenis bourbon yang memberikan rasa buah yang khas pada minuman kopi mereka.

14. Biji kopi Nikaragua

Nikaragua adalah negara terbesar di Amerika Tengah. Kopi telah ditanam di negara ini selama lebih dari satu abad.  Daerah penghasil biji kopi utama Nikaragua adalah San Marcos, Nueva Segovia, Jinotepe, dan Danau Nikaragua. 

Industri kopi merupakan sektor penting dalam perekonomian Nikaragua, dan bersama dengan produk pertanian lainnya seperti makanan dan kapas, industri ini bahkan menjadi penyumbang sebagian besar perekonomian.

13. Biji kopi Brasil

Brazil merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Perkiraan menunjukkan bahwa sebanyak 30 persen dari total produksi kopi global berasal dari Brazil, sehingga biji kopi Brazil penting bagi stabilitas industri kopi global.  

Sao Paulo, Minas Gerais, dan Espiritos Santos menyumbang sebagian besar produksi biji kopi Brasil. Karena cakupannya, Brasil juga memiliki industri pengolahan biji kopi yang berkembang dengan baik. Ribuan perusahaan menjual biji kopi Brasil, dan industri kopi instan pun masih laris manis di negara ini.

12. Biji kopi Harrar Etiopia

Biji kopi Harrar Ethiopia adalah salah satu biji kopi paling terkenal di dunia. Harrar merupakan biji kopi olahan kering yang cukup beraroma jika dibandingkan dengan beberapa biji kopi Ethiopia lainnya.  

Harrar juga merupakan salah satu biji kopi tertua di dunia, dan fakta bahwa biji kopi tersebut disangrai kering berarti bahwa generasi pemanggang kopi mewariskan keterampilan yang tepat dari waktu ke waktu.

11. Biji kopi Panama

Panama adalah negara di Amerika Tengah yang juga jadi salah satu negara terkecil di dunia dalam hal luas wilayah.  Sebagian besar produksi kopi Panama adalah Arabika, dan salah satu biji kopi Panama yang paling terkenal adalah biji Gesha.  

Salah satu alasan utama mengapa biji kopi Gesha populer adalah karena kopi ini menawarkan cita rasa yang lengkap mulai dari rasa seperti teh hingga sentuhan rasa buah kepada peminumnya.

10. Biji kopi Guatemala

Guatemala adalah negara Amerika Tengah lainnya. Biji kopi Guatemala biasanya ditanam di wilayah Antigua dan Atitlan di negara tersebut. Guatemala juga mengurutkan kopinya berdasarkan ketinggian tempat biji kopi ditanam, dan biji kopi yang berada di ketinggian lebih tinggi dianggap berkualitas lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro