15 Biji Kopi Kualitas Tertinggi di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?/kemenparekraf
Kuliner

15 Biji Kopi Kualitas Tertinggi di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Mutiara Nabila
Rabu, 17 Januari 2024 - 14:50
Bagikan

9. Biji kopi Peaberry Tanzania

Biji kopi peaberry berbeda dengan biji kopi standar karena rasa dan aromanya. Menjadi salah satu biji kopi terbaik di dunia adalah Tanzania Peaberry.  

Biji kopi Peaberry Tanzania ditanam di dekat Gunung Kilimanjaro dan Gunung Meru yang memberikan karakteristik dari tanah di ketinggian yang diinginkan untuk rasa yang lebih kuat.

8. Biji kopi Meksiko

Sebagian besar biji kopi Meksiko berasal dari varietas Arabika. Perbatasan darat Meksiko yang luas dengan AS juga berarti bahwa sebagian besar ekspor biji kopinya menuju ke Amerika. 

Sebagian besar biji kopi Meksiko diproduksi di empat negara bagian, dan produsen juga harus berjuang melawan penyakit untuk mempertahankan produksinya.

7. Biji kopi Bourbon Santos Brasil

Bourbon Santos Brasil adalah jenis biji kopi Brasil khusus yang ditanam di Minas Gerais. Biji kopi khusus ini dikenal dengan warna dasar coklat dan keasaman rendah.

6. Biji kopi Indonesia

Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang biji kopi utamanya berasal dari varietas Robusta. Salah satu keunggulan industri kopi Indonesia adalah biji kopi kopi luwak. Biji kopi ini seringkali menjadi biji kopi termahal di dunia, dengan harga melebihi US$1.000 atau sekitar Rp15.000 hanya untuk sekantong biji kopi varietas tertentu.

5. Biji kopi Kenya

Kenya adalah negara Afrika Timur yang merupakan salah satu negara terpadat di benua itu. Seperti industri biji kopi di negara berkembang atau negara berpendapatan menengah atau rendah lainnya, industri kopi Kenya juga terdiri dari ribuan petani kecil.  

Karena kondisi yang menguntungkan, sebagian besar produksi biji kopi Kenya berlokasi di daerah dataran tinggi.  Selain itu, sebagian besar produksi biji kopi di Kenya berasal dari biji kopi Arabika.

4. Biji kopi Jamaika

Jamaika adalah negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia. Jamaika telah memproduksi kopi selama ratusan tahun, sehingga komoditas ini memainkan peran penting dalam sejarah perekonomiannya. 

Penyebutan biji kopi Jamaika atau biji kopi terbaik di dunia tidak akan lengkap tanpa Blue Mountain Coffee. Biji Kopi Blue Mountain Jamaika ditanam di sekitar ibu kotanya, Kingston, yang mendapat kenikmatannya karena ditanam di ketinggian.

3. Biji kopi Yirgacheffe Etiopia

Yirgacheffe Ethiopia adalah biji kopi populer lainnya dari Ethiopia. Seperti namanya, biji kopi Yirgacheffee ditanam di distrik Yirgacheffe di Ethiopia.  

Biji kopi ini termasuk dalam keluarga Arabika, dan biasanya dipanen pada kuartal keempat tahun kalender. Yirgacheffe Ethiopia juga memegang peranan penting dalam sejarah kopi, karena beberapa pihak percaya bahwa wilayah Sedamo juga merupakan tempat para petani pertama kali mulai menanam kopi.

2. Biji kopi Hawaii Kona

Hawaii Kona adalah biji kopi asal Amerika pertama dalam daftar ini. Biji kopi ini ditanam di wilayah Kona di Hawaii, dan sejarah menunjukkan bahwa biji Kona pertama kali dibawa ke Hawaii dari Brasil. 

Karena Hawaii lebih kecil dibandingkan negara-negara penghasil kopi utama, kopi Kona sering kali kekurangan pasokan sehingga menaikkan harganya. Berdasarkan hal ini, Hawaii juga memberlakukan beberapa pembatasan air di wilayah di mana biji kopi Kona ditanam, menambah faktor lain yang menyebabkan kesengsaraan bagi produsen, termasuk penyakit pada tanaman kopinya.

1. Biji kopi Kolombia

Kolombia adalah negara di Amerika Selatan dengan ekonomi nominal US$3,36 triliun. Negara ini juga merupakan salah satu dari lima produsen kopi terbesar di dunia.  

Kopi Kolombia juga dikenal dengan branding unik yang dikeluarkan oleh asosiasi petani nasional. Tokoh fiksi Juan Valdez merupakan seorang petani kopi Kolombia yang dikenal sebagai simbol biji kopi yang ditanam di negara Amerika Selatan tersebut. Kebanyakan biji kopi Kolombia ditanam di 'Segitiga Kopi' negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro