Jewel Changi Airport/architecturaldigest
Travel

Wajib Sebelum Wisata ke Singapura, Jangan Lupa Isi SG Arrival Card

Mutiara Nabila
Senin, 22 Januari 2024 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Singapura masih menjadi salah satu destinasi liburan paling tenar ke luar negeri dari Indonesia, lantaran jaraknya yang relatif dekat. 

Selain itu, sepanjang tahun ini ada beberapa konser dari artis-artis ternama di Singapura yang tak mampir ke Indonesia seperti Bruno Mars, misalnya. Singapura jadi tujuan para penggemarnya lantaran tidak bisa menyaksikan langsung di Indonesia. 

Namun, di tengah naiknya kasus Covid-19 dan masalah kesehatan lainnya, para pengunjung yang akan berkunjung atau transit di Singapura diwajibkan untuk mengisi Singapora Arrival Card (SGAC). 

Singapura mewajibkan semua pelancong untuk menyerahkan SG Arrival Card sebelum tiba di Singapura, kecuali bagi mereka yang hanya transit/pindah melalui Singapura tanpa meminta izin imigrasi, dan penduduk warga negara Singapura, Penduduk Permanen, pemegang Izin Jangka Panjang. 

Para pelancong diharuskan menyerahkan SGAC dalam waktu paling cepat tiga hari sebelum kedatangan di Singapura. Contohnya, jika tiba di Singapura pada tanggal 30 Januari 2024, pengunjung dapat mengirimkan SGAC mulai 28 Januari 2024 dan seterusnya.

Hal ini dianjurkan untuk menghindari penundaan atau harus menunggu lebih lama saat proses imigrasi. 

Lalu, bagaimana cara mengisi SGAC? 

1. Kunjungi laman https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard/

2. Pilih "Pengunjung Asing" / "For Foreign Visitors"

3. Pilih "Individual submission" jika bepergian sendiri atau "Group submission" jika bepergian berkelompok

4. Isi tanggal kedatangan di Singapura

5. Isi data diri berupa nama lengkap sesuai paspor, nomor paspor, tanggal lahir, dan kewarganegaraan

6. Klik "Confirm"

7. Isi data jenis kelamin, tanggal kedaluwarsa paspor, tempat lahir, domisili tempat tinggal, alamat email, kode negara, dan nomor telepon/handphone, lalu klik lanjutkan

8. Pilih data tujuan berkunjung dan moda transportasi, pilih Air jika menggunakan pesawat, Land jika menggunakan bis, dan Sea jika menggunakan kapal. 

9. Klik "Confirm"

10. Isi informasi terkait nomor moda transportasi, alamat penginapan, kota terakhir sebelum ke Singapura, tanggal kepulangan dari Singapura, serta isi data terkait kesehatan

11. Klik "Confirm"

Setelah semua data diisi, calon pengunjung akan diberikan tinjauan informasi yang sudah diisi. Apabila masih ada kesalahan atau ada data yang kurang, bisa diedit kembali. Namun, jika sudah benar, tinggal klik "Confirm". 

Langkah terakhir, calon pengunjung bisa menyimpan data SGAC yang sudah diisi dalam bentuk PDF atau bisa dengan tangkapan layar atau screenshot laman terakhir berisi konfirmasi dari Immigration Checkpoints Authority (ICA). Pengunjung juga bisa melihat konfirmasi pengisian SGAC melalui e-mail yang sudah dicantumkan dalam data diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro