Ilustrasi pasangan suami istri yang langgeng sampai jadi kakek-nenek/Freepik
Relationship

Tips Cinta, 11 Rahasia Pernikahan Langgeng Tanpa Bercerai

Novita Sari Simamora
Kamis, 1 Februari 2024 - 17:27
Bagikan

7. Saling Memberi Ruang

Salah satu hal tersulit yang muncul dalam pernikahan adalah menghitung jumlah waktu yang tepat untuk dihabiskan bersama. Terlalu banyak bersama, bisa terasa seperti mencekik, sedangkan terlalu sedikit bisa diartikan kurang perhatian.

Saat pasangan Anda membutuhkan ruang atau keluar malam bersama teman-temannya, tawarkan untuk menjaga anak-anak atau menjalankan tugas untuk memastikan mereka mendapatkan waktu tersebut.

Di sisi lain, Anda juga ingin meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama pasangan. Jika masalah mengasuh anak atau kendala keuangan mempersulit hal ini, rencanakan kencan malam yang menyenangkan dan hemat biaya di rumah.

8. Bekerja pada Kesehatan

Cara mudah untuk menghidupkan kembali romansa adalah dengan mengingat kembali hari-hari awal berkencan—mempersiapkan kencan malam dengan manikur di rumah, bercukur dan potong rambut baru, atau memilih pakaian yang menyenangkan.

Ada banyak cara untuk saling menjaga kebugaran fisik Anda, dengan cara meningkatkan kepercayaan diri dan rasa sejahtera. Misalnya, mencoba kelas olahraga baru, berlatih lari 5K, atau menyiapkan makanan sehat bersama.

9. Miliki Kencan Malam

Cara lain untuk menjaga api pernikahan tetap menyala adalah dengan terus merayu pasangan Anda. Luangkan waktu untuk kencan malam setiap minggu—bahkan untuk membeli es krim atau memasak resep baru bersama.

10. Lakukan sesuatu bersama-sama

Dikutip dari Today, Kamis (2/1/2024), faktor umum lainnya dalam pernikahan bahagia jangka panjang adalah pasangan secara teratur melakukan hal-hal bersama yang mereka anggap menyenangkan dan mengasyikkan.

Misalnya, dansa ballroom, bowling, bermain kartu, menyelam SCUBA, atau bermain ski, berpartisipasilah dalam setidaknya satu aktivitas yang Anda berdua sukai setiap minggunya. Jika Anda memiliki anak, pastikan setidaknya setengah dari aktivitas ini hanya untuk Anda dan pasangan.

11. Bertemanlah dengan pasangan Anda

John Gottman—seorang profesor psikologi mengklaim dan memprediksi penelitiannya dengan akurasi 91 persen, bahwa kunci sukses pernikahan adalah persahabatan. Beberapa aspek terpenting dari persahabatan jenis ini adalah mengenal satu sama lain secara intim, menunjukkan kasih sayang dan rasa hormat satu sama lain setiap hari, dan dengan tulus menikmati kebersamaan satu sama lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro