Harta karun aztec
Travel

10 Harta Karun Sejarah yang Belum Ditemukan, Lokasi Masih Misterius

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 Februari 2024 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keberadaan barang berharga zaman dulu kerap menjadi incaran bagi para kolektor lantaran mempunyai nilai sejarah dan nilai nominal tersendiri.

Akan tetapi, barang-barang peninggalan zaman dulu selalu dipertanyakan keberadaannya karena sulit untuk ditemukan. Walaupun diantaranya telah ditempatkan di museum.

Barang-barang tersebut disebut “Harta Karun” karena keberadaannya yang langka. Keberadaanya pun penuh teka-teki dan selalu menjadi misteri.

Dilansir dari laman Live Science terdapat beberapa “Harta Karun” yang masih menjadi misteri dan belum ditemukan berikut ini

1. Emas Nazi

Berdasarkan legenda yang tersebar, ketika menjelang akhir Perang Dunia ke-II, perwira SS Ernst Kaltenbrunner yang memimpin pasukan Nazi membuang Emas dalam jumlah besar ke Danau Toplitz, Austria. Tujuannya, agar pasukan sekutu yang menyerang tidak mengambil barang berharga tersebut.

Walaupun kisah tersebut masih simpang siur, para peneliti mencatat kedalaman danau yang membuat jarak pandak terjangkau serta banyaknya gelondongan kayu, membuat penemuan emas menjadi sulit dan berbahaya.

Bahkan, beberapa penyelam tewas saat mencoba mencari harta karun tersebut.

2. Injil Abad Pertama

Keberadaan salinan Injil kanonik kristen tertua menjadi pertanyaan bagi para peneliti. Peneliti mempercayai salinan Injil kanonik tertua yang membahas Markus, Lukas , Matius, dan Yohanes berasal dari abad kedua masehi. Namun, beberapa peneliti percaya salinan itu ditulis pada pertengahan abad pertama masehi.

Akan tetapi, pada tahun 2015, para ahli mengabarkan penemuan fragmen Injil Markus di dalam topeng mumi yang diyakini berasal dari abad pertama.

3. Lukisan Kelahiran Caravaggio

Lukisan ini diciptakan oleh pelukis asal Italia bernama Michelangelo Merisi da Caravaggio pada tahun 1609. Dia melukis tentang kelahiran Kristus, di mana terdapat bayu Yesus yang terbaring di rumpukan jerami.

Tahun 1969 lukisan dicuri saat berada disebuah kapel di Palermo, Sisilia, Italia. Akhirnya, pada tahun 2015, replika lukisan tersebut dipajang di tempat hilangnya lukisan asli.

4. Harta Karun Aztec

Pada awal abad ke-16 kekaisaran Aztec di Meksiko sedang berkembang pesat. Akan tetapi, Montezuma selaku penguasa Aztec mendapatkan kemunduran saat Hernan Cortes dan kelompok penakluk Spanyol tiba pada tahun 1519.

Montezuma yang meninggal secara tiba-tiba pada tahun 1520, mempermudah Hernan Cortes untuk menyelinap masuk ke ibu kota Aztec, Tenoctitlan pada 30 Juni 1520, dan membawa emas dengan jumlah yang banyak. Namun salah satu kapal mereka tenggelam di kanal di sekitar Danau Texcoco.

5. Lukisan Dinding Da Vinci

Leonardo da Vinci yang merupakan seniman dan ilmuwan sempat melukis mural tentang kemenangan Liga Italia tahun 1440 atas milan dalam pertempuran Anghiari. Lukisan yang dibuat tahun 1505 itu menghilang di tahun 1563 saat aula Palazzo Vecchio sedang direnovasi oleh arsitek Giorgio Vasari

Setelah hilangnya lukisan tersebut, para ahli selalu berdebat tentang keberadaan lukisan. Pada tahun 2012 para ahli mengklaim menemukan fakta bahwa Vasari hanya melukis muralnya di atas karya da Vinci. Sedangkan pada tahun 2020, peneliti bahkan mengklaim da Vinci tidak pernah melukis mural tersebut sejak awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro