Deretan Rute Penerbangan dengan Waktu Tersingkat di Dunia, Ada yang Cuma 2 Menit
Travel

Deretan Rute Penerbangan dengan Waktu Tersingkat di Dunia, Ada yang Cuma 2 Menit

Redaksi
Senin, 4 Maret 2024 - 16:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan menggunakan pesawat biasanya dilakukan ketika destinasi yang dituju mempunyai jarak cukup jauh.

Namun, siapa sangka ada beberapa penerbangan yang hanya menelan waktu sangat singkat, bahkan diantaranya menempuh kurang dari 3 menit saja.

Penerbangan singkat itu menghubungkan antara pulau satu dengan pulau lainnya yang memiliki rentang jarak tidak begitu jauh.

Melansir Times of India, terdapat beberapa penerbangan tersingkat di dunia yang diantaranya telah diakui oleh Guinness World Records, yaitu

1. Penerbangan Westray ke Papa Westray

Benar, ini rute penerbangan tersingkat di dunia. Bayangkan saja Anda hanya membutuhkan waktu tempuh 2 menit untuk mengudara, jarak yang dibutuhkan sekitar 2,74 KM. Pesawat yang digunakan pun hanya menampung 8 penumpang.

Hingga akhirnya pada 1 Desember 1967 Guinness World Records memberikan penghargaan sebagai penerbangan singkat di dunia.
Akan tetapi, ada alternative lainnya untuk menyebrang antar pulau yani menggunakan perahu dengan waktu tempuh 20 menit.

2. Karpathos ke Kasos

Penerbangan Karpathos ke Kasos merupakan penerbangan yang berada di salah satu pulau di Yunani. Wisatawan membutuhkan 5 menit perjalanan menggunakan penerbangan Olympic Air. Sama seperti Westray ke Papa Westray, terdapat keberangkatan dengan kapal feri yang memakan waktu sekitar 1 jam.

3. Penerbangan St Maarten ke Anguilla

St Maarten merupakan pulau yang masih dalam ruang lingkup Belanda, sedangkan Anguilla adalah pulau yang berada di Karibia. Wisatawan yang ingin menyebrang hanya membutuhkan 10 menit penerbangan. Jika ingin menggunakan jalur laut, wisatawan bisa menaiki kapal dengan waktu tempuh 1 jam.

4. Penerbangan Connemara ke Inis Mor

Penerbangan antar pulau ini memakan waktu 10 menit. Wisatawan bisa mengunjungi dua pulau, yakhni pulau Oirr dan Inis Meain. Jarak antara pulau tersebut sekitar 19,5 km. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan lautnya, bisa beralih ke kapal feri dengan waktu tempuh selama 1 jam.

5. Pernebangan ST Maarten ke Saba

ST Maarten kembali masuk dalam kategori perjalanan terpendek di dunia, kali ini destinasinya adalah ke pulau Saba. Penerbanagan ke dua pulau tersebut menempuh waktu 15 menit dengan jarak 44 km.

Tidak hanya merasakan penerbangan terpendek di dunia, para wisatawan bisa melihat Bandara Juancho E. Yrausquin di Saba yang memiliki landasan pacu terpendek di dunia.

6. Penerbangan St Maarten ke St Barts

Wisatawan yang bertolak dari St Maarten ke St Barts hanya membutuhkan waktu 15 menit. Selain itu, wisatawan bisa menggunakan kapal feri dengan waktu perjalanan lebih dari 20 menit.

7. Penerbangan Minami Daito ke Kita Daito

Kali ini penerbangan terletak di benua Asia, tepatnya di Jepang di mana terdapat penerbangan dari pulau Minami Daito ke pulau Kita Daito. Penerbangan hanya membutuhkan waktu 20 menit dengan jarak tempuh 8 mil.

8. Penerbangan Dare es Salaam ke Zanzibar

Penerbangan ini terletak di wilayah Tanzania yang berada di kawasan Samudera Hindia. Waktu penerbangan antara kedua pulau itu berkisar 15 menit. Adapun transportasi kapal feri yang menelan waktu 15 hingga 30 menit.

9. Penerbangan Brazzaville ke Kinshasa

Pulau Brazzaville yang terletak di ibu kota Republik Kongo dam Kinshasa terletak di Republik Demokratik Kongo mempunyai jarak tempuh penerbangan 16 mil dengan lama penerbangan 30 menit. Selain penerbangan, wisatawan bisa menaiki perahu karena kedua ibu kota tersebut dipisahkan sungai.

10. Penerbangan Bonaire ke Curacao

Kedua pulau ini terletak di lepas pantai Venezuela. Jarak antara kedua pulau berkisar 40 mil yang bisa ditempuh selama 25 menit mengudara.

Kedua pulau itu mempunyai wisata yang menarik, di mana Bonaire dikenal sebagai destinasi menyelam, sedangkan Curacao memiliki keindahan pantai yang masih terjaga kearifan lokalnya. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro