Sajian makanan berbuka puasa kolak. Bisnis/Nurul Hidayat
Kuliner

Daftar 5 Menu Sehat Berbuka Puasa, Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kahfi
Senin, 11 Maret 2024 - 10:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Momen berbuka puasa selama Bulan Ramadan menyimpan keistimewaan tersendiri. Selain dinantikan bagi yang menjalankan ibadah, berbuka juga kerapkali menyuguhkan berbagai sajian.

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, umumnya masyarakat mencari berbagai menu berbuka atau takjil yang bisa menggugah selera. Mulai dari menu minuman dingin, hingga hidangan makanan lezat.

Namun demikian, tidak jarang masyarakat yang melewatkan unsur makanan sehat untuk mengembalikan energi dan menjaga daya tahan tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, dari sekian hidangan, terdapat beberapa rekomendasi menu sehat untuk berbuka puasa.

Berikut 5 menu sehat berbuka puasa:

1.       Salad

 

Salad sayur dan buah bisa menjadi pilihan menu berbuka. Kandungan serat dan vitamin yang ada di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, serta memenuhi kebutuhan serat harian.

 

2.       Sup

 

Sup yang berisikan berbagai sayuran hijau dan wortel, serta protein nabati maupun hewani bisa dijadikan hidangan saat berbuka puasa. Dengan kelengkapan sup, bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh sekaligus kebutuhan protein.

 

3.       Kurma

 

Kurma seakan merupakan hidangan wajib setiap Bulan Ramadan. Selain memang dianjurkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW, kandungan alami kurma bisa memberikan energi serta mineral yang dibutuhkan tubuh.

 

4.       Buah-buahan

 

Berbagai olahan buah biasanya hadir saat berbuka puasa, seperti sup buah hingga manisan buah. Namun, buah baiknya dikonsumsi sebelum menyantap hidangan berat, untuk menjaga kandungan buah masih bagus untuk pencernaan.

 

5.       Kolak

 

Kolak layaknya bisa dijadikan panganan sehat saat berbuka puasa. Perpaduan santan, gula merah, pisang maupun ubi, akan memenuhi kebutuhan energi maupun vitamin selama berpuasa.

Namun terdapat rekomendasi agar kolak bisa memiliki manfaat lebih baik, terutama mengganti santan dengan susu krim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro