Ilustrasi/Trendyfeeds
Health

Ini 7 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lidah buaya menjadi salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh baik pada organ dalam tubuh maupun pada bagian luar tubuh manusia.

Lidah buaya kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, magnesium, selenium, mangan dan seng. Tidak hanya mineral saja, lidah buaya juga kaya akan vitamin yakni vitamin E, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B12 yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari everydayhealth.com dan pharmeasy.in, penelitian menyatakan bahwa lidah buaya mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad oleh orang banyak orang diberbagai negara, seperti Mesir, Yunani, India, Meksiko dan Jepang.

Simak manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh:

1. Menstabilkan gula darah

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menstabilkan kadar gula darah, seperti menurunkan berat badan, pola makan sehat dan aktivitas fisik. Namun ada juga cara lain yang bisa membantu dalam menstabilkan kadar gula darah yakni dengan lidah buaya.

Penelitian menunjukan suplemen lidah buaya dapat meningkatkan kontrol gula darah pada penderita prediabetes dan diabetes tipe 2 yakni dengan mengurangi penyerapan glukosa disaluran pencernaan dan menurunkan produksi glukosa. 

2. Mencegah GERD

Asam lambung atau GERD merupakan salah satu penyakit yang berkaitan dengan pola makan yang dijalani, apabila pola makan tidak sehat seperti mengonsumsi makanan asam atau pedas secara berlebihan dapat memicu risiko GERD, para penderita akan mengalami gejala seperti mulas, perut kembung, mual, dan muntah.

Cara mencegah terkena GERD yakni dengan sirup lidah buaya, mengonsumsi sirup lidah buaya dapat mengatasi gangguan pencernaan dan menurunkan risiko terkena GERD. 

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak normal akan mempengaruhi kinerja jantung untuk memompa darah. Jika tekanan darah tidak normal dibiarkan begitu saja tanpa mendapatkan penanganan bisa berdampak cukup parah yakni seseorang dapat terkena stroke.

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal salah satunya yakni melalui pola makan yang sehat, mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh baik itu makanan maupun minuman, mengonsumsi lidah buaya dapat membantu dalam menstabilkan tekanan darah.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Mempunyai sistem pencernaan yang sehat dapat membantu tubuh dalam mendapatkan nutrisi yang maksimal. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan salah satunya yakni dengan mengonsumsi jus lidah buaya.

Lidah buaya mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk tubuh yakni dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, memperlancar kinerja usus, dan mencegah sembelit.

Penelitian menunjukkan para penderita irritable bowel syndrome (IBS) atau penyakit iritasi yang menyerang usus besar mengalami peningkatan yang signifikan pada kesehatannya setelah mengonsumsi lidah buaya. 

Namun mengonsumsi lateks lidah buaya dengan cara yang tidak tepat dapat menyebabkan kram perut, diare hingga kerusakan ginjal, jadi konsultasikan kedokter terlebih dahulu sebelum mengonsuminya 


5. Menjaga kesehatan rambut

Masalah rambut sangat beragam mulai dari ketombe, rambut patah, rambut bercabang dan rambut rontok. Banyak faktor yang menyebabkan masalah pada rambut salah satunya kurang mendapatkan perawatan yang maksimal.

Menjaga kesehatan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan produk yang mengandung lidah buaya, gel lidah buaya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut selain itu manfaat lain yang diberikan yakni membantu menghilangkan ketombe.


6. Meningkatkan kesehatan gigi

Kesehatan gigi perlu untuk diperhatikan, banyak orang yang mengabaikan kesehatan gigi dan menyebabkan beberapa masalah pada gigi seperti gigi berlubang, radang gusi, hingga bau mulut.

Menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan salah satunya melalui obat kumur. Menggunakan obat kumur lidah buaya dapat membantu mengurangi plak dan pembengkakan gusi. Lidah buaya mempunyai antimikroba yang membantu mencegah infeksi pada rongga mulut. 

Penelitian menunjukan bahwa obat kumur berbahan dasar lidah buaya dapat menjadi alternatif yang cocok dibandingkan obat kumur tradisional bagi para penderita plak gigi dan radang gusi.

7. Menjaga kesehatan kulit 

Masalah kulit sangat beragam mulai dari masalah kulit wajah hingga badan. Berbagai cara dilakukan banyak orang untuk mendapatkan kulit yang sehat, tidak sedikit dari mereka rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan perawatan yang maksimal. 

Lidah buaya sudah tidak asing bagi dunia kecantikan khususnya untuk menjaga kesehatan kulit wajah maupun badan, memiliki kandungan mukopolisakarida yang sangat tinggi yang dapat berguna dalam menjaga kelembapan kulit.

Sebuah penelitian menunjukan lidah buaya mengandung asam hialuronat yang dapat membantu dalam menghidrasi kulit dan mencegah penuaan. Menggunakan produk perawatan yang mengandung lidah buaya dapat menghasilkan kulit yang lebih kencang dan mengurangi kerutan.

Bagi Anda yang mempunyai masalah kulit seperti jerawat, kemerahan dan iritasi pada kulit dapat diatasi menggunakan lidah buaya. Penelitian menunjukan bahwa lidah buaya bisa mengurangi waktu pemulihan luka, infeksi, kemerahan pada kulit, dan pengobatan jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro