Umat muslim berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Travel

Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Saat Bulan Ramadan

Redaksi
Selasa, 19 Maret 2024 - 18:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memiliki destinasi wisata yang indah dan memukau. Destinasi tersebut memperlihatkan sisi keindahan dan keunikan atas keberagaman yang ada.

Melalui destinasi tersebut, membuat banyak orang memahami segala sejarah sekaligus menambah nilai edukasi dari setiap wilayah. Sama dengan hal yang lainnya, seluruh destinasi yang ada di Indonesia akan ramai dikunjungi sesuai dengan momen-momen tertentu.

Seperti saat ini di bulan Ramadan, tentunya semua umat muslim memilih destinasi yang tepat. Tentunya, konsep Ramadan ini tidak jauh dari nilai religi yang melekat di dalamnya. Destinasi religi menjadi pilihan yang akan didatangkan selama bulan Ramadan berlangsung.

Simak rekomendasi wisata religi Islam yang ada di Indonesia:

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak ini memiliki filosofi yang sangat kuat terhadap masuknya agama Islam di Indonesia. Masjid ini menjadi titik kumpul para Wali Songo yang memiliki misi untuk menyebarluaskan ajaran Islam di kawasan nusantara khususnya pulau Jawa.

Masjid ini sering dikunjungi oleh banyak orang untuk beribadah, ziarah, dan melakukan aktivitas religi lainnya. Tidak hanya wisatawan yang ada di pulau Jawa saja, melainkan dari berbagai pulau di Indonesia juga melakukan perjalanan destinasi di Masjid Agung Demak.

2. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se Asia Tenggara. Masjid yang dibangun pada tahun 1961 atas konsep rancangan arsitek ternama Frederich Silaban ini, menjadi destinasi wisata religi bagi umat muslim.

Banyak umat muslim dari berbagai daerah yang datang untuk berkunjung ke Masjid Istiqlal. Mereka datang untuk mencoba dan melakukan ibadah secara langsung di masjid yang dibangun dengan konsep toleransi antar umat beragama di Indonesia.

3. Masjid Muhammad Cheng Ho Malang

Masjid satu ini memiliki keunikan yang berbeda dari masjid yang lainnya. Tema dan konsep dari bangunan masjid ini menggabungkan unsur Tiongkok dan Islam.

Banyak umat muslim yang berdatangan untuk melihat keunikan dan keindahan masjid tersebut. Bangunan yang dihiasi cat berwarna merah dan hijau ini memikat mata para wisatawan untuk menikmati tempat tersebut untuk beribadah dan menebar segala hal kebaikan.

4. Masjid Terapung Makassar

Masjid satu ini sering didatangi oleh para wisatawan untuk beribadah sekaligus melihat keindahan alam yang ada di sekitar. Masjid tersebut berada di tengah-tengah Pantai Losari di Makassar.

Setiap wisatawan yang hadir di masjid tersebut akan dibuat nyaman dan tenang, dengan mendengar suara ombak yang mengalir. 

5. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh ini menjadi saksi atas segala kejadian yang menimpa Aceh pada tahun 2004. Meskipun diterjang tsunami yang dahsyat, masjid tetap berdiri kokoh dan mempertahankan fungsinya sebagai tempat ibadah.

Atas kehebatan mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT terhadap masjid ini, membuat para wisatawan tertarik untuk datang dan melihat secara langsung bangunan masjid tersebut. Sampai saat ini, masjid tersebut ramai dikunjungi oleh para wisatawan muslim  untuk beribadah dan mengenal lebih dalam mengenai sejarah berdirinya masjid tersebut bersama kota Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro