Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar membeli takjil di Pasar Takjil Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024) menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Kuliner

5 Pasar Ramadan Paling Populer untuk Berburu Takjil

Redaksi
Kamis, 21 Maret 2024 - 13:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama bulan ramadan, berburu takjil sudah jadi agenda wajib yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, saat bulan suci tersebut banyak sekali pasar yang menyediakan menu takjil.

Pasar yang hanya hadir selama satu tahun sekali ini biasanya disebut pasar ramadan. Tentunya, berjualan takjil memberikan pundi-pundi cuan bagi para pedagang yang bisa menggerakan ekonomi rumah tangga.

Hadirnya pasar ramadan selalu mendapatkan antusias tinggi dari masyarakat. Bahkan, baru-baru ini masyarakat non muslim seakan jadi rival umat muslim untuk berburu takjil. Tak dipungkiri, menu-menu yang disajikan memang sangat menggoda dan bervariatif.

Pasar ramadan dapat dengan mudah ditemui di setiap daerah,di mana menu yang disajikan memiliki cita rasa khas daerah tersebut.
Bisnis telah merangkum beberapa pasar ramadan yang selalu jadi incaran untuk berburu takjil, yaitu:

1. Pasar Benhil Jakarta

Berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pasar ini berada di tempat strategis yang dikelilingi oleh gedung perkantoran. Tak heran pasar Benhil selalu jadi incaran para karyawan maupun warga sekitar untuk berburu takjil.
Siomay, aneka gorengan, minuman manis, ikan bakar, hingga makanan khas Jakarta tersaji secara lengkap untuk melengkapi waktu berbuka. Mengingat berada di wilayah perkantoran, Anda disarankan lebih awal datang agar tidak kehabisan takjil.

2. Kampung Ramadan Jogokariyan

Jogokariyan sendiri adalah nama Masjid yang berada di Yogyakarta. Selama bulan ramadan, di sekitar area masjid berjejer pedagang yang menawarkan takjil untuk berbuka puasa. Anda juga bisa berbuka dan langsung melaksanakan ibadah di dalam masjid. Kolak, kipo, jenang mutiara, dan tiwul merupakan hidangan lezat yang siap diburu untuk menu berbuka puasa.

3. Bazar Ramadan Kawasan SMPN 8 Depok

Bagi warga Depok yang tinggal di daerah Kelapa Dua dan sekitarnya mungkin tidak asing dengan SMPN 8 Depok, lantaran dikenal sebagai gudang jajanan anak-anak sekolah. Tepat di depan sekolah, berjejer para pedagang yang menjual makanan dan minuman yang sangat cocok disantap saat buka puasa.

Berbagai jenis makanan dan minuman bisa Anda temui di bazar tersebut, seperti aneka gorengan, soto ayam, aneka makanan manis, jus, sop buah, dan masih banyak lainnya. Bagi Anda yang ingin berburu takjil di sana, usahakan datang mulai pukul 16.00 WIB.

4. Pasar Wadai Banjarmasin

Pasar berlokasi tetap di Siring Sungai Martapura ini dikelola oleh pemerintah daerah. Walaupun sempat berpindah-pindah tempat, pasar ini tetap menjadi incaran bagi masyarakat setempat. Anda bisa mencicipi hidangan bingka kentang, amparan tatak pisang, papari, ipau, hingga laksa yang merupakan makanan khas di daerah itu.

5. Pasar Lama Tangerang

Pasar lama tangerang sudah dikenal oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya karena menyajikan beragam menu yang bisa kalap mata. Sebut saja sotong bakar, croffle, ayam bakar, dan aneka menu korea siap temani waktu berbuka puasa Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang jam operasional, karena pasar ini beroperasi sampai malam. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro