Gejala DBD pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu/Reuters
Health

Gejala DBD pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 22 Maret 2024 - 08:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Padahal, jika tidak mendapatkan penanganan sedini mungkin, akan menyebabkan komplikasi yang bisa berujung kematian kepada pasien yang terjangkit penyakit DBD.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang berbahaya dan sangat butuh penanganan secara langsung dari petugas kesehatan atau dokter, sehingga dengan mengetahui beberapa gejala diatas, diharapkan pasien dapat segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan serta terhindar dari berbagai dampak buruk akibat DBD itu sendiri.

Menurut Kemenkes, ini gejala DBD yang Perlu Diwaspadai

1. Demam tinggi yang mendadak

meskipun hampir sama dengan penyakit lainnya, namun demam tinggi pada penyakit DBD mencapai 40 Derajat celcius dan tidak disertai dengan gejala bersin atau batuk

2. Nyeri otot

Setelah mengalami demam, pasien yang terjangkit DBD akan mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti sendi, tulang, otot, hingga daerah belakang mata

3. Sakit kepala parah

Gejala ikutan yang muncul setelah demam adalah rasa sakit kepala yang parah, biasanya terjadi di sekitar dahi

4. Mual dan muntah

Gejala lainnya yang turut dirasakan oleh pasien dewasa maupun anak-anak yang terjangkit penyakit DBD, akan merasakan mual dan juga muntah sehingga juga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada area perut maupun punggung

5. Kelelahan

Setelah mengalami berbagai gejala di atas, tubuh akan merasakan kelelahan akibat penurunan nafsu makan.

Sementara itu, saat ini kasus DBD di Indonesia banyak menimpa anak-anak. Lantas bagaimana gejala DBD pada anak?

Minimnya pengetahuan tentang gejala DBD pada anak mengakibatkan banyak kasus yang terlambat ditangani.

Gina Noor Djalilah Pakar Kesehatan UM Surabaya sekaligus dosen spesialis anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menjelaskan bahwa DBD sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yakni demam dengue, demam berdarah dengue dan dengue syok syndrome.

“Di beberapa kasus , gejala DBD pada anak jenis demam dengue seringkali diartikan sebagai gejala flu biasa atau infeksi yang disebabkan jenis virus lainnya,”papar Gina dikutip dari laman resmi UM Surabaya.

Beberapa gejala diantaranya setelah digigit nyamuk, anak dapat mengalami demam tinggi 3 sampai 14 hari, mual, muntah, sakit kepala, nyeri pada otot dan pegal linu di seluruh tubuh, muncul ruam kemerahan pada kulit dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

“Demam Berdarah Dengue (DBD) mengakibatkan dampak yang semakin parah dalam tubuh anak karena adanya perembesan plasma darah dengan gejala yang terlihat seperti bengkak, sesak, perut besar dan beberapa pendarahan spontan pada beberapa bagian tubuh,”urai Gina.

Gina menjelaskan munculnya gejala DBD yang sudah parah tersebut karena keterlambatan penanganan sekaligus imunitas  anak masih tidak kuat melawan paparan virus. Anak dengan komorbit seperti obesitas meski telah mendapatkan penanganan medis. Gejala pada anak biasanya dimuali antara 24 sampai 48 jam atau panas hari ke 4 menjelang hari ke 5.

“Setelah penurunan suhu tubuh mulai terjadi, beberapa gejala akan muncul seperti sakit perut atau perut terasa nyeri saat ditekan,perubahan suhu tubuh dari demam menjadi hipotermia, tangan dan kaki dingin dan pucat, muntah darah atau feses berdarah, mimisan, gusi berdarah tanpa sebab, trombosit dalam darah mengalami penurunan, kerja organ limpa mengalami kerusakan,”tambahnya.

Ia juga menegaskan jika anak sudah pada tahap ini anak akan merasa lelah, gelisah, mudah tersinggung dan mudah marah. Akan ditemukan adanya bocoran plasma saat dilakukan pemeriksaan.

Lebih lanjut lagi, ia menjelaskan DBD pada anak yang paling berat yakni dengue syok syndrome karena merupakan jenis demam berdarah yang paling fatal.

Gejalanya berupa perdarahan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak berhenti pada area tubuh mana saja termasuk gusi, hidung, mulut dan feses, tekanan darah menurun drastic, denyut nadi melemah, kebocoran pada bagian pembuluh darah, produksi air kecil sangat menurun atau bahkan tidak ada, terdapat kegagalan pada fungsi organ bagian dalam hingga jumlah trombosit mengalami penurunan kurang dari 100.000 permili meter kubik.

“Gejala demam berdarah jenis ini sangat fatal apabila tidak segera mendapatkan penanganan. DBD sendiri telah memakan banyak korban jiwa dan sebagian besar yang harus kehilangan nyawa adalah mereka usia anak-anak,” katanya lagi.

Di akhir keterangannya ia berpesan kepada orang tua agar lebih waspada dan mengetahui gejala DBD pada anak dengan menguatkan imun tubuh anak dengan mencukupi kebutuhan cairan anak dengan memberikan makanan-makanan bergizi dan memberikan anak vitamin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro