Pisang sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa/istimewa
Health

Tips Puasa, 10 Manfaat Makan Pisang Saat Buka Puasa

Redaksi
Sabtu, 30 Maret 2024 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah pisang memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, banyak manfaat yang diberikan apabila mengonsumsi buah pisang saat berbuka puasa.

Asupan makanan yang dikonsumsi selama puasa akan mempengaruhi kesehatan tubuh, apabila makanan yang dikonsumsi sehat dan memenuhi gizi maka tubuh tidak akan kehilangan sumber energi dan cairan selama puasa. 

Dilansir dari pharmeasy.in dan Timesofindia, Sabtu (30/3/2024), pisang kaya akan vitamin, mineral dan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Simak 10 manfaat mengonsumsi pisang saat buka puasa:

1. Meningkatkan energi

Selama menjalankan ibadah puasa artinya seseorang tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman hingga waktu berbuka tiba untuk itu diperlukan asupan yang sehat saat berbuka agar tubuh bisa kembali mendapatkan energinya.

Mengonsumsi buah pisang saat buka puasa dapat membantu tubuh dalam meningkatkan energinya karena pisang mempunyai kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.


2. Menjaga kesehatan pencernaan

Asupan makanan yang tidak sehat seperti gorengan atau junk food dapat memperburuk sistem pencernaan, ketika sistem pencernaan mengalami masalah maka tubuh akan kesulitan menyerap makanan sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan pencernaan saat puasa yakni dengan mengonsumsi buah pisang saat waktu berbuka. Pisang mempunyai kandungan serat pektin yang baik dalam meningkatkan kinerja usus sehingga dapat membantu dalam mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. 


3. Mengelola berat badan

Ibadah puasa yang dijalankan tidak hanya digunakan untuk melaksanakan kewajiban saja, banyak sekali manfaat yang diberikan saat berpuasa salah satunya yakni dapat membantu dalam mengelola berat badan.  

Mengelola berat badan dapat dilakukan melalui asupan makanan, menambahkan buah pisang dalam menu berbuka puasa dapat menjadi upaya dalam mengelola berat badan karena pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, dan rendah kalori sehingga dapat menciptakan rasa kenyang lebih lama.


4. Meningkatkan semangat dan mood 

Aktivitas yang padat saat berpuasa dapat membuat tubuh kehilangan energi dan cairannya sehingga tubuh akan lebih cepat lemas dari biasanya. Kondisi seperti ini akan mempengaruhi semangat serta mood dalam menjalankan kegiatan. 

Mengonsumsi buah pisang saat berbuka puasa dapat membantu mengembalikan semangat dan mood dalam diri, mempunyai kandungan vitamin B6 yang sangat penting dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin yang sangat bagus untuk kesehatan otak dan membantu dalam mengurangi stres.


5. Mendapatkan kulit yang sehat  

Mempunyai kulit wajah yang sehat merupakan keinginan semua orang, mendapatkan kulit wajah yang sehat dapat dilakukan melalui asupan makanan yang dikonsumsi.

Mengonsumsi buah pisang saat berbuka dapat membantu menjaga kesehatan kulit, masalah kulit seperti kerutan pada wajah dapat teratasi dengan pisang karena terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu dalam mencegah penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit wajah.


6. Meningkatkan kesehatan jantung

Bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan jantung wajib memperhatikan gaya hidup yang dijalani ketika ingin melaksanakan puasa, hal ini harus dilakukan agar menurunkan risiko komplikasi yang serius.

Gaya hidup sehat dapat dilakukan melalui pola makan yang sehat, mengonsumsi buah pisang saat berbuka puasa bisa menjadi solusi dalam peningkatan kesehatan jantung karena buah ini kaya akan potasium, mineral, dan elektrolit yang membantu dalam melindungi sistem kardiovaskuler dari tekanan darah tinggi.


7. Menjaga kesehatan tulang

Kabar baik untuk Anda yang mempunyai masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis, mengonsumsi buah pisang saat buka puasa dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

Banyak kandungan didalam buah pisang yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, salah satu kandungan tersebut yakni prebiotik (fruktooligosakarida) yang dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dan menurunkan risiko tulang mengalami masalah atau komplikasi.


8. Mengurangi kembung

Banyak orang yang mengalami kembung saat menjalankan puasa, kondisi ini dapat membuat rasa yang tidak nyaman pada bagian perut. Faktor penyebab terjadinya perut kembung yakni karena kesalahan asupan makanan saat sahur dan berbuka.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung saat berpuasa yakni dengan mengonsumsi buah pisang saat berbuka, pisang mempunyai kandungan yang dapat membantu dalam melawan retensi gas dan air yang menjadi penyebab perut kembung.


9. Meningkatkan kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang cukup penting dalam menyaring dan membuang senyawa beracun dalam tubuh untuk itu wajib menjaga kesehatan ginjal agar tubuh tetap sehat selama melaksanakan puasa. 

Mengonsumsi buah pisang yang kaya akan potasium dapat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pisang 4-6 kali seminggu dapat menurunkan hampir 50% terkena penyakit ginjal dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi buah ini. 


10. Mengatasi anemia

Bagi para penderita anemia harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar dapat menjalankan aktivitas dengan kondisi tubuh yang kuat dan sehat. 

Mulai sekarang cobalah menambahkan buah pisang sebagai menu buka puasa, pisang dapat membantu dalam mengatasi anemia karena buah ini mempunyai kandungan asam folat tinggi yang dapat membantu tubuh dalam mengelola sel darah merah. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro