Kondisi tol di Cikampek, Selasa (18/4/2023) pada arus mudik Lebaran 2023 / Jasa Marga
Travel

Simak Tips Menahan Kencing Saat Macet Mudik Lebaran

Redaksi
Jumat, 5 April 2024 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan mudik yang panjang, membuat banyak orang menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan keperluan, kebutuhan, hingga mencegah situasi yang tidak diinginkan seperti ingin kencing saat macet.

Momen mudik Lebaran dilakukan oleh banyak orang untuk memanfaatkan waktu libur bertemu sanak saudara. Estimasi perjalanan yang ditempuh juga beraneka ragam sesuai dengan wilayah yang dituju.

Permasalahan saat melakukan perjalanan mudik adalah ketidakmampuan menahan rasa pipis saat perjalanan berlangsung. Saat pelaksanaan mudik berlangsung, tidak semua fasilitas maupun tempat peristirahatan dapat diakses dengan baik. Jika kapasitas pemudik sangat membludak, maka akses untuk beristirahat dan membuang air kecil sulit dijangkau.

Melansir dari bussinesinsider.com, Jumat (5/4/2024) ketika menahan pipis, tentunya Anda memiliki perasaan resah, tidak nyaman, dan rasa ingin terburu-buru. Situasi yang macet dan tidak memungkinkan untuk beristirahat, menjadi persoalan utama bagi semua orang.

Simak cara menahan pipis saat perjalanan mudik:

1. Membuang air kecil secukupnya

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Anda pipis terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa-sisa yang ada di dalam tubuh.

Jadi pada saat perjalanan berlangsung, Anda tidak ingin melakukan pipis secara terus menerus.

2. Manfaatkan waktu saat beristirahat

Saat melakukan istirahat di rest area, hal yang Anda perlukan adalah memanfaatkan waktu tersebut untuk pipis, sebelum melanjutkan perjalanan yang masih jauh.

3. Kurangi konsumsi air

Ketika Anda melakukan perjalanan yang jauh, sebaiknya kurangi konsumsi air yang berlebih. Hal tersebut hanya membuat Anda merasa ingin pipis terus menerus.
Anda dapat konsumsi air secukupnya dan dalam porsi yang sesuai.

Jangan konsumsi air yang berlebihan, karena selain membuat Anda ingin pipis terus menerus juga membuat perut terasa kembung dan berakibat mual.

4. Matikan AC

Fungsi AC adalah sebagai pendingin yang mampu menyejukkan tempat sekaligus situasi. Jika Anda melakukan perjalanan mudik, maka kurangi fungsi AC yang ada dalam kendaraan.

Hal ini akan memberikan sensasi dingin dan membuat diri Anda untuk melakukan pipis terus menerus.

5. Mengubah posisi

Jika Anda berada di situasi sulit untuk menahan pipis, Anda dapat merubah posisi duduk di dalam kendaraan. Cari posisi yang nyaman dan aman untuk menahan hal tersebut.

Jangan biarkan tubuh Anda dalam keadaan yang tidak nyaman. Pilihlah tempat duduk yang nyaman untuk bersandar sekaligus tidur dengan aman.

6. Mengalihkan perhatian

Dalam situasi tertentu, terkadang sebagian orang membutuhkan pengalihan perhatian supaya tidak terpaku pada suatu hal. Anda dapat menyetel musik, game, ataupun menonton film supaya rasa ingin pipis atau membuang air kecil tidak terjadi dalam perjalanan.

7. Melakukan kentut sesuai dengan kebutuhan

Kentut merupakan proses pembuangan angin yang berasal dari dalam tubuh. Kentut akan keluar melalui otot-otot yang ada. Cara kerja kentut saat Anda menahan pipis adalah melepaskan kentut tersebut, dengan menjaga sfingter uretra hingga otot yang mengontrol aliran urin keluar dari area kantung kemih, dan tertutup secara rapat. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro