10 Cara Mengatasi Bau Kaki Permanen dengan Mudah (freepik)
Fashion

Ini 10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Permanen dengan Gampang

Nuraini
Selasa, 14 Februari 2023 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aroma tidak sedap pada kaki dapat mengganggu orang-orang di sekitar kita. Bau kaki bisa disebabkan oleh penggunaan kaus kaki dan sepatu yang lembab.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau kaki? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Permanen

Terdapat 10 cara menghilangkan bau kaki secara permanen. Anda dapat menerapkan salah satu cara di bawah ini. 

1. Rajin mencuci kaki

Cara mencegah bau kaki kuncinya adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Upaya menjaga kebersihan kaki bisa dengan menggunting kuku kaki secara teratur. Tidak kalah pentingnya, kaki juga harus dicuci menggunakan sabun dan scrub, setidaknya sehari sekali untuk mencegah bakteri tumbuh. 

2. Rendam kaki dengan air hangat

Cara selanjutnya yaitu dengan merendam kaki menggunakan air hangat. Anda dapat mencampur air hangat dengan garam. Kemudian, rendam kaki selama 15 – 20 menit setiap harinya sebagai cara agar kaki tidak bau. 

3. Ganti kaus kaki setiap hari

Saat beraktivitas di luar ruangan, hindari untuk menggunakan kaus kaki yang sama selama 2 hari berturut-turut sebab hal tersebut menimbulkan bau pada kaki. Maka dari itu, penggunaan kaus kaki harus berbeda setiap harinya. 

Kaus kaki yang lembab bisa menimbulkan bau sehingga penggunaan kaos kaki hanya boleh ketika sudah dalam keadaan kering. Ada baiknya juga untuk mencegah bau kaki dengan menyemprotkan deodoran khusus kaki. 

4. Oleskan minyak esensial

Cara hilangkan bau kaki juga bisa dengan mengoleskan minyak esensial. Hal ini karena minyak esensial dapat menimbulkan aroma segar pada kaki sekaligus membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap. Cara penggunaannya dengan mengoleskan minyak esensial pada kaki dan pijat lembut selama beberapa menit. 

5. Eksfoliasi kaki

Tujuan eksfoliasi agar sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada kaki bisa hilang. Eksfoliasi kaki dengan menggunakan scrub khusus kaki yang mengandung anti bakteri sehingga bakteri penyebab bau kaki bisa musnah. Cara ini perlu dilakukan setiap kali mandi. 

6. Dengan kantung teh

Cara menghilangkan bau pada kaki juga bisa menggunakan kantung teh sebaiknya dilakukan dengan kantung teh yang beraroma tajam, seperti teh melati. Anda dapat merebus 2 kantung teh dengan 1 liter air selama 15 menit. 

Setelahnya, tambahkan 2 liter air dingin agar aman digunakan pada kaki. Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan hal ini setiap seminggu sekali untuk mengurangi jumlah keringat pada kaki sehingga penyebab bau kaki bisa hilang. 

7. Menggunakan garam

Cara mengatasi kaki bau juga bisa menggunakan garam. Perlu diketahui bahwa garam dapat mengurangi kelembaban kaki sekaligus membasmi bakteri penyebab bau. Cara dengan mencampur garam dengan 1 baskom air hangat lalu rendam kaki. Kaki direndam selama 20 menit setiap harinya agar bakteri penyebab bau kaki tidak balik lagi.

8. Dengan cuka

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya dengan menggunakan cuka. Cuka memiliki kadar asam tinggi yang efektif dalam mematikan bakteri penyebab bau kaki. Caranya dengan mencampur 1 gelas cuka dengan 1 baskom air hangat. Rendam kaki selama 15 menit setiap seminggu sekali.

10. Buah lemon

Lemon mengandung senyawa antibakteri yang mampu mengatasi bakteri penyebab bau kaki. Caranya dengan memeras 6 buah lemon ke dalam 1 baskom air hangat. Selanjutnya, rendam kedua kaki selama 15 menit agar bau hilang bisa musnah. 

11. Simpan sepatu dengan baik

Cara mengatasi bau kaki selain dengan cara merendam kaki, juga harus memperhatikan faktor lainnya yakni dari sepatu yang digunakan. Sepatu yang telah dipakai harus disimpan di tempat dengan sirkulasi udara baik agar tidak menimbulkan bau pada kaki. Tambahkan pula silica gel di setiap pasang sepatu agar kelembaban bisa terserap dan bau tidak sedap bisa hilang secara permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro