Rekomendasi Wisata di Arab Saudi, Bisa Jadi Alternatif Liburan/istimewa
Travel

Rekomendasi Wisata di Arab Saudi, Bisa Jadi Alternatif Liburan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 Mei 2024 - 12:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biasanya begitu mendengar nama negara Arab Saudi, yang terpikirkan adalah perjalanan ibadah haji atau umrah.

Namun, kini Anda juga bisa wisata ke negeri jazirah Arab tersebut walaupun tidak beribadah haji atau umrah.

Di sana, Anda bisa menjelajahi budaya, sejarah, dan petualangan yang kaya di luar perjalanan keagamaan.

Saudi Tourism Authority (Otoritas Pariwisata Arab Saudi) memperkenalkan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk menjadikan Arab Saudi sebagai destinasi yang aman, mudah diakses, dan menarik bagi semua wisatawan dari Indonesia.

Sejak membuka pintu bagi wisatawan internasional pada tahun 2019, sektor pariwisata Arab Saudi telah mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, menjadikannya salah satu destinasi wisata tercepat dalam pertumbuhannya dan paling dinamis di seluruh dunia menurut UNWTO.

Dengan visi untuk pariwisata, Arab Saudi menyambut lebih dari 100 juta wisatawan pada tahun 2023, menandai tonggak penting dalam perjalanannya menjadi destinasi utama bagi para pelancong di seluruh dunia. Terutama di pasar Indonesia, peningkatan 36% dalam jumlah wisatawan Indonesia pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya menetapkan target yang ambisius untuk tahun 2024, yaitu 2,2 juta pengunjung dari wisatawan Indonesia.

Tahun ini, Otoritas Pariwisata Arab Saudi mengadakan serangkaian acara dengan Roadshow NUSUK, platform digital terintegrasi resmi pertama Saudi, yang menawarkan semua peziarah dan pengunjung sebuah gerbang perencanaan perjalanan yang mudah digunakan untuk perjalanan mereka ke Makkah dan Madinah, dan lainnya.

Untuk mempromosikannya, Otoritas Pariwisata Arab Saudi akan mengadakan pameran wisata "VISIT SAUDI, BEYOND UMRAH" yang menyoroti destinasi pariwisata Arab Saudi yang luar biasa bagi semua wisatawan, diselenggarakan mulai tanggal 1 hingga 5 Mei 2024 di Kota Kasablanka.

Pameran wisata ini akan memamerkan apa yang ditawarkan Arab Saudi untuk perjalanan spiritual, budaya, dan wisata, baik untuk Umrah maupun lebih dari itu. Acara ini akan diresmikan oleh Menteri Haji & Umrah Arab Saudi, H.E. Dr. Tawfiq bin Fawzan AlRabiah pada hari peluncurannya.

President of APAC Markets Saudi Tourism Authority Alhasan Aldabbagh mengatakan, travel Fair digelar di Jakarta karena Arab Saudi dan Indonesia memiliki hubungan baik selama bertahun-tahun.

Dia juga mengatakan Indonesia juga jadi pasar penting bagi wisata Arab Saudi mengingat jutaan warga Indonesia datang ke Arab Saudi, dan Indonesia merupakan negara terbanyak yang menjalankan ibadah umrah dan haji setiap tahunnya.

Dia mengatakan untuk memfasilitasi pertumbuhan jumlah wisatawan Indonesia ke Arab Saudi, kini terdapat peningkatan dalam aksesibilitas dan konektivitas. Proses visa telah disederhanakan, dengan visa Umrah diperpanjang hingga 90 hari dan diperkenalkannya visa transit 96 jam, memungkinkan pemegang visa Umrah memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajahi bagian lain Arab Saudi.

Wisatawan dapat memperoleh visa melalui Aplikasi Nusuk, agen perjalanan Indonesia yang berlisensi, atau empat kantor VFS Tasheer di Jakarta. Selain itu, pembicaraan dengan Lion Air sedang berlangsung untuk memperluas jaringan konektivitas, termasuk rute ke Riyadh dan Dammam.

Rekomendasi wisata di Arab Saudi

Arab Saudi menawarkan pengalaman Umrah+ yang menawarkan perjalanan transformatif, mengundang para wisatawan untuk menjelajahi Saudi Arabia di luar ibadah haji spiritual.

Dengan perjalanan Al Hijrah, bisa mengikuti perjalanan Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah dan rasakan cerita serta tantangan di setiap titik selama perjalanan yang mencakup berbagai tempat di antaranya Gunung Thawr, Qaim Maqam, Al-Ghula, Tenda Um Maabad, Gunung Warqan, dan berbagai tempat lainnya.

Dengan Umrah+, Anda juga bisa menelusuri kekayaan budaya dan warisan sejarah yang menentukan daya tarik Arab Saudi. Rasakan esensi tradisi, spiritualitas, dan eksplorasi saat Anda memulai perjalanan penemuan yang tak terlupakan ini.

Berikut rekomendasi 3 tempat wisata di Arab Saudi

1. Jeddah

Jeddah, yang terkenal sebagai pintu gerbang ke Arab Saudi, punya banyak tempat menarik dan pengalaman seru. Kamu bisa jalan-jalan ke AlBalad, situs warisan UNESCO, nikmati pemandangan di Waterfront Promenade sepanjang Corniche, atau merasakan keseruan di pasar tradisional seperti Al Alawi dan Souk Al Baghdadiyah.

Tempat yang wajib dikunjungi di antaranya Masjid Al Shafei yang bersejarah dan akuarium terkenal yaitu Fakeeh. Bagi yang menggemari wisata kuliner, bisa mencicipi makanan lezat di toko roti "Al-Saidi Furn" yang sudah ada sejak 200 tahun lalu.

Jeddah juga punya tempat belanja yang seru, mulai dari Red Sea Mall sampai Jeddah Boulevard yang menawarkan pengalaman belanja modern dan tradisional. Kamu bisa eksplor pasar tradisional seperti AlBalad dan Souk Al Alawi, atau kunjungi atraksi seperti Akuarium Fakieh dan Air Mancur Raja Fahd yang menghibur semua pengunjung.

2. AlUla 

AlUla, yang hanya berjarak 3,5 jam perjalanan dengan mobil, menawarkan Situs Warisan Dunia UNESCO, memiliki sejarah selama 200.000 tahun, dan menawarkan acara budaya unik di Maraya, bangunan terbesar di dunia yang dilapisi cermin.

Para pencari sensasi bisa menikmati petualangan outdoor di antara enam cagar alam di daerah ini, termasuk Jabal AlFil yang ikonik, juga dikenal sebagai Elephant Rock.

Petualangan menanti di Arab Saudi, dengan pengalaman berkemah di gurun di Jeddah dan petualangan outdoor di cagar alam AlUla. Mulai dari safari gurun hingga berkuda di pantai, para wisatawan bisa menikmati berbagai kegiatan yang menghadirkan sensasi tinggi di tengah lanskap menakjubkan daerah ini

3. Riyadh

Riyadh adalah ibu kota Arab Saudi yang terletak di kawasan Nejd. Riyadh terletak di tengah semenanjung Arabia dan dihuni oleh lebih dari 4.500.000 orang. Luas kota ini sekitar 1.554 km². Riyadh, Buraydah dan Al Kharj termasuk dalam pengembangan 'koridor pusat' Arab Saudi.

Di kota ini Anda bisa mengunjungi edge of world, dimana Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berdiri di ujung dunia.

Atau menjelajahi Kebun Binatang Riyadh yang menawan, rumah bagi 1.300 hewan, Boulevard Kota Riyadh yang merupakan kawasan hiburan terbesar di ibu kota Riyadh, atau berkunjung ke Istana Al Masmak, dan temukan kejayaan sejarah Saudi di koridor Istana Al Masmak kuno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro