Olahraga malam hari memiliki manfaat yang baik bagi tubuh/ilustrasi
Health

Pahami 7 Manfaat Berolahraga pada Malam Hari

Novita Sari Simamora
Selasa, 7 Mei 2024 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga pada malam hari merupakan kegiatan mengolah tubuh untuk bergerak dan berkeringat, sekaligus bisa menghilangkan rasa penat serta bosan

Tren olahraga kekinian yang banyak diminati adalah, berolahraga malam hari di Stadion Gelora Bung Karno. Belakangan ini masyarakat bertindak produktif, setelah melihat banyak postingan orang terkait aktivitas berolahraga di malam hari.

Olahraga pada malam hari muncul dan dimanfaatkan oleh masyarakat, yang tidak memiliki waktu berolahraga di pagi hari. Pada dasarnya, olahraga dapat dilakukan kapan saja sesuai kondisi daya tahan tubuh.

Lantas, manfaat apa saja yang diperoleh? Dilansir dari planetfitness.com dan trainest.com, Selasa (7/5/2024), berolahraga di malam hari tidak selamanya berdampak buruk bagi kesehatan. Studi mengatakan bahwa, olahraga dapat memberikan sensasi rileks dan mengembalikan pola tidur yang tidak teratur.

Hal tersebut membuat masyarakat bersemangat, dan yakin untuk melakukan olahraga di malam hari. Beberapa orang berpendapat bahwa, selagi memiliki waktu luang setelah bekerja maka manfaatkan untuk berolahraga.

Simak manfaat berolahraga di malam hari:

1. Meningkatkan fokus

Fokus dihasilkan ketika tubuh manusia berada pada kondisi yang baik. Kondisi tersebut dihasilkan dari rangkaian aktivitas yang dijalani setiap hari. Jika Anda rutin melakukan olahraga di malam hari, otomatis semua pergerakan yang dilakukan akan berpengaruh pada daya fokus. Hal tersebut, dikategorikan sebagai pelatihan yang dapat dilakukan, untuk meningkatkan rasa fokus dan tanggap pada tubuh.


2. Meningkatan kekuatan otot

Kekuatan otot dihasilkan dari rangkaian kegiatan olahraga yang dilakukan rutin setiap hari. Kondisi tersebut membuat pembentukan otot yang berjalan secara baik, hingga menghasilkan kekuatan otot secara maksimal. Berdasarkan Journal of Sports Science & Medicine, kinerja otot mengalami peningkatan karena fluktuasi kadar hormon dan suhu tubuh.

3. Menjaga pola tidur

Pola tidur merupakan salah satu kunci yang tepat untuk menjalankan suatu aktivitas. Umumnya, waktu tidur yang harus diterapkan oleh manusia sekitar 8 jam sehari. Namun, karena tuntutan pekerjaan, hang out, dan aktivitas lainnya berdampak pada pola tidur yang tidak tepat. 

Masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan olahraga rutin di malam hari. Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama karena, setelah berolahraga tubuh manusia akan mengalami penyesuaian untuk beristirahat.

4. Mengatasi stres

Stres dapat terjadi ketika seseorang mengalami banyak tekanan dalam hidup. Kondisi tersebut terjadi ketika seseorang tidak menemukan ritme yang tepat untuk menjalani kehidupan. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan berolahraga malam, yang berfungsi menghasilkan endorfin untuk mengurangi rasa stres dan mengembalikan suasana hati menjadi tenang.

5. Memberikan banyak motivasi

Motivasi berasal dari pelajaran dan pengalaman yang dirasakan semasa hidup. Anda dapat menemukan banyak motivasi dalam setiap kegiatan, salah satunya dengan berolahraga di malam hari.

Ketika orang lain memilih untuk bersantai dan menghabiskan waktu di dalam rumah, Anda dapat melakukan olahraga di malam hari untuk menemukan motivasi berharga dalam hidup. Faktanya, manusia membutuhkan gambaran kehidupan untuk mencari dan menerima banyak motivasi di lingkungan sekitar.


6. Meningkatkan energi

Berolahraga di malam hari membuat tubuh manusia menjadi segar, karena telah membuang lemak-lemak jahat setelah seharian beraktivitas. Kondisi tersebut memberikan dampak positif bagi kesehatan, dan meningkatkan energi yang cukup signifikan. Jika Anda bersiap melakukan aktivitas di pagi hari, maka kondisi tubuh berada pada kondisi yang fit dan stabil untuk menjalani hari.

7. Meningkatkan sikap konsisten

Sikap konsisten berasal dari kestabilan seseorang dalam bertindak. Sikap tersebut dihasilkan dari penyesuaian dan ketegasan seseorang dalam menjalankan berbagai aktivitas. Anda dapat meningkatkan sikap konsisten tersebut dengan melakukan olahraga secara rutin di malam hari. Berolahraga akan membuat diri Anda berani berkomitmen atas segala hal, terutama mempertahankan gaya hidup sehat. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro