Membaca Buku. /PNGWings
Entertainment

Simak 5 Rekomendasi Buku yang Cocok Untuk Remaja

Redaksi
Jumat, 17 Mei 2024 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tepat pada 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Peringatan tersebut merupakan cikal bakal perkembangan buku yang ada di Indonesia.

Buku merupakan sumber pengetahuan bagi manusia. Peran dan fungsinya banyak digunakan, sebagai bahan pembelajaran dan membentuk perkembangan pola pikir pada anak.

Dilansir dari ditsmp.kemendikbud.go.id, Hari Buku Nasional pertama kali dicetuskan oleh Abdul Malik Fadjar, mantan menteri pendidikan pada kabinet Gotong Royong.  Peringatan Hari Buku Nasional berbarengan dengan hari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di tahun 1980.

Latar belakang dari adanya peringatan tersebut adalah rendahnya angka melek huruf masyarakat Indonesia. Pada tahun 2002, UNESCO menyatakan angka melek huruf di Indonesia tertinggal jauh dari beberapa negara Asean lainnya.

Salah satu cara yang baik untuk meningkatkan angka melek huruf di Indonesia adalah, menerapkan dan meluncurkan buku bacaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, Kemendikbud terus berupaya mengeluarkan buku yang ramah untuk dibaca oleh setiap kalangan, khususnya remaja.

Berikut 5 rekomendasi buku yang cocok untuk remaja:

1. Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara merupakan buku yang menceritakan kisah persahabatan 6 orang anak. Bersahabat dalam waktu yang lama, dan memiliki mimpi yang sama untuk mengejar impian melanjutkan pendidikan di luar negeri. 

Buku tersebut cocok dibaca oleh para remaja, supaya termotivasi untuk bangkit dan meraih impian. Seperti pepatah yang mengatakan “Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina.” Hal tersebut merupakan sebuah petuah yang harus ditegakkan untuk terus belajar dan berani meraih cita-cita.

2. Keluarga Cemara

Keluarga cemara merupakan buku novel yang mampu menginspirasi kehidupan remaja. Masa remaja merupakan waktu terpenting untuk membentuk karakter dan memahami jati diri sesungguhnya. Kisah novel Keluarga Cemara menceritakan sebuah keluarga yang hidup dengan kejujuran. 

Dari hidup yang bermodalkan kejujuran, semua hal dapat terungkap, dan menunjukkan keutuhan keluarga yang harmonis meskipun dihadang badai serta terpaan lainnya.

3. Cerita dari Lembah Baliem

Cerita dari Lembah Baliem merupakan buku yang ditulis oleh Dzikry el Han,  sebagai wujud rasa kagum dan cinta kepada Lembah Baliem di Pegunungan Jaya Wijaya. Buku yang menceritakan keindahan alam di Indonesia tersebut, mengandung nilai kebudayaan yang sangat tinggi dan patut dipahami oleh anak-anak remaja. Secara garis besar, buku tersebut dibuat untuk memperkenalkan kepada anak-anak dan kalangan usia lainnya, terkait salah tempat yang harus dilestarikan.

4. Aku, Meps, dan Beps

Buku Aku, Meps, dan Beps merupakan salah satu novel yang dibuat hasil kolaborasi Ibu dan anak. Soca Sobhita dan Reda Gaudiamo merupakan kedua sosok yang berhasil membuat buku novel dengan alur cerita yang unik. Buku tersebut cocok dibaca oleh kalangan remaja, karena menceritakan kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam diri manusia. 

Fase penerimaan diri merupakan suatu hal yang cukup berat untuk diterima dan dipahami oleh banyak orang. Hal tersebut dapat memberikan gambaran dan pelajaran kepada anak remaja, supaya lebih berani dan siap untuk menerima semua hal yang terjadi dalam kehidupan.


5. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan novel terlaris dan hits yang ada di Indonesia. Buku tersebut menceritakan kisah 10 anak yang hidup dalam keterbatasan dalam melanjutkan pendidikan. Namun, dengan semangat dan daya juang yang tinggi, 10 anak tersebut berhasil menempuh pendidikan yang dijalani dengan segala keterbatasan dan akses maupun fasilitas yang disediakan.

Buku Laskar Pelangi cocok dibaca untuk anak usia remaja yang mengalami fase hidup terbaik dari masa lainnya. Buku tersebut mengajarkan untuk terus berani bermimpi dan melanjutkan asa kehidupan yang lebih baik. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro