Pasangan yang memiliki hubungan tidak baik/Freepik
Relationship

8 Tanda Perempuan Kesepian dan Tidak Bahagia Dalam Hubungan

Redaksi
Rabu, 29 Mei 2024 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang beranggapan, wanita sangat pandai dalam menyembunyikan perasaannya ketika menjalin sebuah hubungan. Namun, kondisi ini tidak baik jika dibiarkan dalam jangka panjang, bisa berdampak buruk pada kesehatan mental.

Wanita yang tidak bahagia dalam hubungan, seringkali juga mengalami kesepian akibat adanya tekanan pikiran. Misalnya, karena menjalin hubungan jarak jauh atau LDR, mendapatkan kekerasan fisik maupun psikologis, trauma, kurang komunikasi, atau tidak memiliki tujuan yang sama.

Dilansir dari hackspirit.com dan geediting.com, Rabu (29/5/2024) dalam menjalin hubungan biasanya wanita yang merasakan kesepian atau tidak bahagia menunjukkan tanda-tanda melalui perilaku halus yang mengisyaratkan adanya ketidaknyamanan dan ketidakpuasan.

Namun, laki-laki seringkali tidak memahami isyarat yang diberikan para wanita, sehingga dapat berdampak buruk pada hubungan yang terjalin seperti hilangnya keharmonisan antara kedua belah pihak.

Berikut Tanda-tanda Wanita Kesepian dan Tidak Bahagia:

1. Kurang komunikatif

Wanita yang kesepian atau tidak bahagia memberikan isyarat melalui sikap tidak komunikatif dalam hubungan. Misalnya, ketika sedang berdiskusi mereka cenderung hanya mau mendengarkan pembicaraan, tanpa mau mengutarakan pendapat atau keinginannya. Selain itu, mereka juga menunjukkan sikap tertutup pada hal-hal yang mereka senangi seperti hobi atau makanan favorit.

2. Tidak membagi rencana masa depan

Wanita seringkali membicarakan rencana masa depan, mulai dari kemana arah hubungan yang dijalani atau kehidupan setelah menikah seperti masalah keuangan, tempat tinggal, pekerjaan, atau keinginan memiliki anak.

Apabila wanita tidak melakukan hal tersebut atau cenderung menghindar dari pembicaraan, artinya mereka mengisyaratkan tidak ingin bersama untuk jenjang yang lebih serius. Kondisi ini, disebabkan karena adanya perasaan tidak bahagia dalam menjalin hubungan.

3. Tidak bersemangat ketika bertemu

Wanita biasanya selalu bersemangat apabila ingin bertemu dengan pasangan, mereka bahkan menghabiskan waktu sangat lama hanya untuk merias atau memilih baju kencan. 

Namun, wanita yang kesepian atau tidak bahagia dalam hubungan cenderung menunjukkan sikap berbeda, yaitu tidak bersemangat sebelum maupun selama pertemuan. Kondisi ini disebabkan karena mengalami stres emosional yang berdampak pada ketidakstabilan suasana hati.

Tanda-tanda pria dan wanita kesepian
Tanda-tanda pria dan wanita kesepian

4. Aktivitas sosial meningkat

Wanita yang kesepian dalam menjalin hubungan, lebih sering menghabiskan waktu bersama temannya atau terlibat kegiatan sosial untuk mengalihkan perhatian dari masalah yang sedang dihadapi. Karena itu, para laki-laki harus memberikan perhatian lebih apabila pasangannya sudah menunjukkan sikap tidak mau bertemu.

5. Tidak peduli hal-hal kecil

Dalam hubungan wanita biasanya memperhatikan dan mencari tahu hal-hal kecil orang yang disayangi seperti makanan favorit, warna favorit, hobi, atau tempat ternyaman pasangannya. Namun, harus diwaspadai apabila mereka menunjukan sikap tidak peduli, karena bisa menjadi tanda atau isyarat tidak bahagia dalam menjalani hubungan.

6. Menghindari kontak fisik

Ketika seorang wanita mulai menghindari kontak fisik dengan pasangannya, bisa menjadi indikasi mereka tidak bahagia dalam menjalin hubungan. Misalnya, tidak mau berpegangan tangan, berpelukan, atau sekedar sentuhan sederhana. 

Karena itu, para laki-laki harus lebih memperhatikan pasangan seperti sekedar menanyakan atau mengabari setiap harinya. Pada faktanya, wanita bisa mengalami perasaan kesepian dan tidak bahagia karena kurangnya kedekatan dan komunikasi didalam hubungan.

7. Perubahan emosi 

Wanita yang mengalami kesepian dan tidak bahagia dalam menjalin hubungan cenderung memiliki emosi yang tidak stabil. Karena itu, banyak dari mereka yang sering merasa kesal kepada pasangannya, meskipun tidak ada kesalahan yang dilakukan. Perubahan suasana hati ini, disebabkan karena mereka mengalami kesulitan untuk mengungkapkan perasaan yang dialami.


8. Sering memulai pertengkaran 

Wanita sejatinya ingin diperhatikan, tetapi hal ini terkadang sulit dimengerti dan dilakukan laki-laki. Akibatnya, tidak sedikit dari wanita melakukan berbagai cara untuk mendapatkan perhatian dari pasangannya, seperti mencari kesalahan-kesalahan dari hubungan yang dijalani. Apabila kondisi ini dibiarkan dalam jangka panjang, bisa berdampak buruk pada keharmonisan hubungan.(Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro