Ilustrasi naik tangga
Health

10 Tips Mencegah Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 - 17:44
Bagikan

6. Hindari rokok

Rokok tidak hanya dapat mengganggu kesehatan jantung saja. Kandungan nikotin di dalamnya, dapat mempercepat sekresi dari katekolamin yang menyebabkan peningkatan pada lipolisis. Kondisi inilah yang memicu seseorang mengalami kolesterol tinggi. 

Karena itu, Anda harus menghindari kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika mengalami kesulitan mengubah gaya hidup ini, cobalah meminta bantuan kepada tenaga medis.

7. Menurunkan berat badan

Penderita obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kolesterol. Karena, mereka mengalami gangguan regulasi lemak yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah. 

Karena itu, Anda dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat dalam upaya penurunan berat badan. Mulai sekarang, perhatikan total asupan nutrisi makanan dan aktivitas fisik yang dijalani setiap harinya.

8. Kurangi asupan alkohol

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan, karena kinerja organ hati mengalami gangguan dalam proses pemecahan kolesterol didalam tubuh.  

9. Meningkatkan asupan buah dan sayur

Sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi dapat membantu meningkatkan senyawa penurun kadar kolesterol, yaitu sterol atau stanol. Senyawa ini bekerja dengan membatasi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Hasilnya, kolesterol dalam tubuh baik LDL maupun HDL tetap pada angka yang stabil.

Berikut Buah dan Sayur untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

1. Pisang

2. Alpukat

3. Buah beri

4. Jeruk

5. Kiwi

6. Terong

7. Tomat

8. Bayam

9. Kacang merah

10. Brokoli


10. Mengelola stres

Orang dengan stres kronis dapat berisiko mengalami penyakit kolesterol tinggi. Karena, selama stres tubuh dapat melepaskan hormon kortisol dan adrenalin. Kondisi inilah yang memicu peningkatan produksi trigliserida dan kolesterol jahat (LDL).


Karena itu, Anda disarankan melakukan beberapa kegiatan positif yang dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran. Diantaranya yoga, meditasi, berkebun, melukis, traveling, atau mencoba hobi baru. (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

 

 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro