youtube/antara
Entertainment

5 Fitur Baru YouTube Premium, Sudah Update?

Redaksi
Selasa, 2 Juli 2024 - 16:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform streaming YouTube merilis lima fitur baru yang ditujukan untuk para pelanggan premiumnya.

Penggunaan langganan premium cukup menguntungkan, terlebih apabila pengguna cukup sering menggunakannya.

Dilansir dari Lifehacker, YouTube merilis lima fitur baru ini sejak 27 Juni 2024.

Dua di antaranya sudah diluncurkan secara luas, dan tiga fitur lainnya merupakan fitur eksperimental yang dapat diaktifkan jika pengguna menginginkannya.

Berikut merupakan lima fitur tersebut:

1. Jump Ahead

Setelah melakukan serangkaian pengujian, YouTube akhirnya meluncurkan fitur Jump Ahead. Fitur ini akan diluncurkan untuk pengguna Android terlebih dahulu, tetapi akan segera tersedia pada pengguna iOS.

Dengan bantuan AI, fitur ini memungkinkan pengguna Premium untuk bisa melompat ke bagian “terbaik” dalam sebuah video, yang merupakan bagian paling sering digeser oleh pengguna.

Caranya sangat sederhana, saat pengguna mengetuk dua kali pada video untuk melompat maju 10 detik, kini pengguna akan diberikan opsi untuk melompat maju ke bagian “terbaik” tersebut.

2. Picture-in-picture for YouTube Shorts

Fitur ini memungkinkan pengguna Premium untuk bisa menonton video di platform YouTube sambil membuka aplikasi lain.

Tak hanya berlaku pada video panjang saja, kini pelanggan Premium di Android juga dapat menggunakan fitur ini untuk YouTube Shorts.

3. Smart downloads for Shorts (fitur eksperimental)

Jika pengguna Premium mengaktifkan fitur ini, maka YouTube akan mengunduh video Shorts secara otomatis. Shorts yang diunduh merupakan kumpulan video yang masuk ke dalam rekomendasi tontonan pengguna.

Fitur eksperimental yang tersedia hingga tanggal 15 Juli ini memungkinkan pengguna untuk menonton Shorts dengan atau tanpa koneksi internet.

4. Conversational AI (fitur eksperimental)

YouTube kembali membuat pengguna perangkat Android dapat berinteraksi dengan AI. Melalui tombol “ask” yang terdapat di bawah video.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengajukan pertanyaan kepada bot untuk meminta konten serupa dengan video yang sedang ditonton, bahkan saat video masih berjalan.

5. New watch page UI (fitur eksperimental)

Fitur eksperimental yang terakhir terdapat pada halaman tontonan video yang didesain ulang.

Fitur ini menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik pada aplikasi web dan diujicobakan hingga tanggal 8 Juli.

Meskipun YouTube tidak banyak menjelaskan, tetapi mereka mengatakan bahwa fitur ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan video baru serta berinteraksi dengan komentar.

Jika pengguna ingin mencoba ketiga fitur eksperimental tersebut, serta fitur-fitur eksperimental lain yang sedang diuji oleh YouTube, pengguna dapat mengakses halaman YouTube “New” berikut dan pilih “ikut serta”. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro