Pengunjung memadati Taman Mini Indonesia Indah (TMII)/Bisnis- Dionisio Damara
Travel

Liburan Sekolah, Ini 8 Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif untuk Anak

Redaksi
Selasa, 2 Juli 2024 - 21:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Libur kenaikan kelas SD hingga SMA sedang berlangsung. Untuk mengisi waktu luang, orang tua memanfaatkan liburan ini dengan berlibur di dalam maupun ke luar kota.

Mengutip Wonderful Indonesia dan Blue Bird Group, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di Pulau Jawa dan Bali yang menyenangkan dan edukatif untuk anak.

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur menyediakan sumber edukasi budaya Indonesia untuk keluarga. Memiliki luas sekitar 150 hektar, TMII memiliki paviliun-paviliun yang mewakili ragam budaya 34 provinsi di Indonesia.

Terdapat juga berbagai museum seperti Museum Komodo dan Taman Reptil hingga Museum Keprajuritan. Adapun Indonesia Science Center (PP-IPTEK) yang memamerkan 450 karya sains yang dapat disentuh dan dimainkan.

2. Kawasan Kota Tua Jakarta

Tempat wisata yang satu ini telah lama ramai dikunjungi. Mulai dari Museum Sejarah Jakarta hingga Museum Bank Indonesia, kawasan Kota Tua Jakarta merupakan salah satu destinasi edukatif dan hemat. Tiket masuk Museum Sejarah Jakarta hanya sebesar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak.

3. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari terletak di dalam pusat perbelanjaan Neo Soho Podomoro City, Jakarta Barat. Di sini, terdapat lebih dari 600 spesies ikan, mamalia, dan reptil. Terdapat pula program hiburan seperti menyaksikan pertunjukan putri duyung dan pemberian makan hewan.

Dengan demikian, pengunjung mendapatkan pengalaman edukatif tentang ekosistem laut dan cara menjaganya. Pengunjung dapat masuk dengan tarif sebesar Rp120.000–Rp220.000.

4. Kawasan Wisata Dieng, Wonosobo

Di dalam kawasan wisata ini, terdapat beberapa titik wisata alam maupun buatan yang dapat dikunjungi seperti Kawah Sikidang, Dieng Plateau, Telaga Warna dan Candi Arjuna. Terdapat juga destinasi wisata yang sedikit lebih ekstrim seperti pendakian Gunung Prau.

Kawasan Dieng dapat diakses pengunjung dengan mengeluarkan Rp10.000–Rp30.000 per orang.

5. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang termasuk kawasan ikonik di kota ini. Terdapat banyak gedung yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, dengan gaya bangunan khas kolonial Eropa. Beberapa yang wajib dikunjungi adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, dan Semarang Contemporary Art Gallery.

6. Candi Borobudur

Salah satu peninggalan Budha termasyhur, Candi Borobudur di Magelang menyimpan sejarah kebudayaan Indonesia yang besar. Untuk memasuki kawasan wisata pelataran Candi Borobudur, pengunjung domestik perlu merogoh kocek sedalam Rp50.000 (dewasa) dan Rp25.000 (anak). Selain itu, untuk menaiki Borobudur, tiketnya seharga Rp120.000 (dewasa) dan Rp75.000 (anak).

7. Taman Nusa, Kecamatan Gianyar, Bali

Mirip dengan TMII, Taman Nusa menyediakan pengalaman edukatif dan interaktif mengenai kebudayaan di Indonesia. Dengan luas 10 hektar, para pengunjung diajak mengikuti perjalanan waktu Indonesia, sejak masa sebelum kemerdekaan hingga masa kini. Selain itu, terdapat ragam museum, rumah adat, serta aktivitas seperti menenun, membatik, dan memainkan alat musik.

8. Pulau Penyu, Tanjung Benoa, Bali

Kawasan wisata Tanjung Benoa adalah satu dari dua lokasi penangkaran penyu di Bali. Jenis penyu yang dapat ditemukan di sini antara lain adalah penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, dan penyu pipih. Semua penyu ini termasuk hewan dilindungi.

Mengunjungi wilayah penangkaran ini menjadi proses yang edukatif bagi anak, didampingi pemandu wisata yang akan menjelaskan tentang konservasi alam dan laut. Selain itu, terdapat paket wisata kunjungan ke taman laut lepas pantai menggunakan glass bottom boat (perahu dengan lantai kaca). (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro