10 Negara Paling Berpendidikan di Dunia Tahun 2024, Bukan Amerika atau China/Reuters
Travel

10 Negara Paling Berpendidikan di Dunia Tahun 2024, Bukan Amerika atau China

Mutiara Nabila
Selasa, 9 Juli 2024 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan kemajuan masyarakat di seluruh dunia.

Namun, meski ada pepatah "tuntutlah ilmu sampai ke Negeri China" namun China tak berada di urutan teratas negara paling berpendidikan. 

Begitu pula dengan Amerika Serikat, meskipun menjadi rumah dari sederet universitas dan kampus Ivy League terbaik, tak serta merta membuat AS menjadi negara paling berpendidikan di dunia. 

Beberapa negara telah mendapatkan predikat sebagai negara yang paling terdidik di dunia karena upaya mereka dalam mengejar pengetahuan dan kesuksesan akademis.

Negara-negara ini menonjol karena dedikasinya dalam menyediakan pendidikan yang mudah diakses dan berkualitas tinggi.  

Mengutip Best Diplomats, berikut adalah perincian 10 negara paling berpendidikan di dunia pada 2024:

1. Korea Selatan

Korea Selatan menonjol sebagai negara dengan tingkat pendidikan tertinggi di dunia, dengan tingkat melek huruf sebesar 97,9% pada 2024. 

Persentase tingginya untuk lulusan pendidikan tinggi di antara negara-negara OECD dicapai pada 2022 ketika sekitar 70% penduduk berusia antara 25 dan 34 tahun telah menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi mereka.

Sistem pendidikan di negara ini, yang terkenal dengan standarnya yang ketat dan sering disebut “demam pendidikan”, ditunjukkan dengan persaingan yang ketat dan ekspektasi yang tinggi dari siswa untuk memulai pendidikan sejak usia muda.  

Hari sekolah yang padat dan tekanan untuk berprestasi berkontribusi pada budaya kerja keras dan dedikasi terhadap keberhasilan akademis.

Siswa Korea Selatan juga secara konsisten menunjukkan kinerja luar biasa dalam penilaian internasional seperti tes PISA dan menunjukkan efektivitas pendekatan pendidikan negara tersebut.  

Komitmen terhadap pendidikan telah meningkatkan angka melek huruf di Korea Selatan dan memposisikannya sebagai pemimpin global dalam mengembangkan populasi berpendidikan tinggi.

2. Kanada

Kanada, yang terkenal dengan sistem pendidikannya yang luar biasa, merupakan negara dengan tingkat pendidikan tertinggi kedua di dunia, dengan tingkat pencapaian pendidikan tinggi sebesar 66,36%.  

Komitmen negara ini terhadap pendidikan yang mudah diakses dan berkualitas tinggi terlihat jelas pada universitas-universitas dan infrastruktur pendidikan yang memberikan kesempatan belajar komprehensif bagi individu berusia 5 hingga 19 tahun dengan biaya yang wajar. 

Penekanan negara ini pada penyediaan pendidikan yang mudah diakses tidak hanya meningkatkan angka pendidikan tinggi namun juga meningkatkan tingkat melek huruf secara keseluruhan di kalangan warga negaranya.  

3. Jepang

Jepang, yang terkenal dengan kemajuan literasi dan teknologinya, muncul sebagai negara dengan tingkat pendidikan tertinggi ketiga di dunia pada 2024. 

Jepang memiliki tingkat pendidikan tinggi sebesar 64% yang menunjukkan komitmen negara tersebut terhadap pendidikan tinggi. 

Sebanyak 65% penduduk Jepang berusia 25 hingga 34 tahun memiliki kualifikasi pendidikan tinggi, dan 34,2% penduduk Jepang berusia 25 hingga 64 tahun memiliki gelar sarjana.

Jepang diposisikan sebagai pemimpin global dalam keberhasilan dan inovasi pendidikan karena tingginya tingkat pendidikan pasca-sekolah menengah dan penekanan pada literasi dan pembelajaran seumur hidup.

4. Luksemburg

Luksemburg, yang menempati peringkat keempat sebagai negara dengan tingkat pendidikan tertinggi di dunia dengan 63,12% penduduknya telah menyelesaikan pendidikan pasca-sekolah menengah, adalah contoh terbaik keberhasilan pendidikan.

Sistem pendidikan multibahasa di negara ini, yang mencakup semua tingkat mulai dari pendidikan dasar, menengah, dan tinggi memberikan peluang bagi warga negaranya.  

Dengan sebagian besar sekolah dikelola negara dan gratis, Luksemburg memastikan aksesibilitas dan inklusivitas dalam pendidikan, menjadikan sekolah wajib bagi anak usia 4 hingga 16 tahun.

Inisiatif pemerintah, seperti sekolah umum gratis untuk semua anak, dukungan keuangan untuk pendidikan, dan fokus pada penyediaan kesempatan bagi generasi muda untuk berintegrasi ke dalam masyarakat, menyoroti pendekatan holistik Luksemburg terhadap pendidikan dan pembangunan masyarakat.

5.  Irlandia

Irlandia adalah negara berpendidikan paling tinggi ke-5 secara global dengan tingkat pendidikan tinggi yang mengesankan sebesar 62,88%. 

Pencapaian ini juga merupakan bukti kuatnya perekonomian Irlandia, yang memungkinkan investasi besar di bidang pendidikan. 

Komitmen pemerintah Irlandia terhadap pendidikan dan inisiatif pendidikan telah memainkan peran penting dalam meningkatkan standar pendidikan negara tersebut. Salah satu aspek terbaiknya adalah sistem pendidikan Irlandia yang berkembang dengan baik, tidak hanya menonjol karena kualitasnya tetapi juga keberagamannya.  

Universitas-universitas di Irlandia secara konsisten menempati peringkat terbaik secara global dan menarik mahasiswa dari seluruh dunia untuk mencari pendidikan tingkat atas.  

Strategi jangka panjang, dukungan pemerintah terhadap pendidikan, institusi pendidikan kelas dunia, dan perekonomian yang berkembang secara kolektif berkontribusi terhadap status Irlandia sebagai pemimpin global dalam bidang pendidikan. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro