Tips mencegah bronkitis anak/Apollo Hospital
Health

Simak 10 Cara Alami Menghentikan Batuk

Redaksi
Kamis, 25 Juli 2024 - 20:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batuk adalah penyakit ringan yang sering muncul dan dialami seseorang secara tiba-tiba. Simak cara-cara Alami yang dapat menghentikan batuk dengan segera.

Dilansir dari laman gleneagles.com.sg, Kamis (25/7/2024) batuk sangat mengganggu tenggorokan dan mengganggu tidur, mengganggu nafsu makan, mengganggu interaksi sosial, sampai mengganggu pekerjaan.

Simak cara-cara menghentikan batuk:

1. Konsumsi banyak air

Jagalah tubuh tetap hidrasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan imun utama dalam menghindari batuk. Saat mengalami dehidrasi, tenggorokan akan menjadi kering dan lebih rentan terhadap iritasi.

Sedangkan dengan menjaga kadar air (hidrasi), akan membantu mengencerkan lendir di tenggorokan sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui batuk cara membersihkan saluran pernapasan lainnya.

2. Konsumsi madu

Konsumsilah madu minimal 1 sendok sebelum tidur. Khasiat antibakteri dan antimikroba dalam madu dapat membantu membersihkan infeksi, sementara kekentalannya dapat melapisi dan meredakan tenggorokan yang teriritasi.

Namun, hindarilah madu kepada anak di bawah usia 1 tahun karena berisiko munculnya botulisme.

3. Konsumsi teh herbal

Teh thyme (timi), chamomile, peppermint, dan akar manis, dapat bermanfaat untuk mengatasi batuk. Teh-teh ini dikenal karena khasiatnya yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi refleks batuk. Timi, misalnya, memiliki senyawa-senyawa yang dapat mengurangi peradangan serta merelaksasikan otot-otot tenggorokan yang terlibat dalam batuk.

4. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan atau gatal yang sering menyertai batuk. Air garam membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, sehingga dapat memberikan kelegaan sementara.

5. Konsumsi buah nanas

Bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, dapat membantu meredakan batuk dan mengencerkan lendir, sehingga lendir dapat lebih mudah keluar dari tenggorokan. Anda dapat mengkonsumsi 1 potong buah nanas, atau dengan membuat jus nanas alami.

6. Konsumsi jahe

Konsumsilah teh jahe. Jahe mengandung antiradang dan antioksidan alami yang dapat membantu meredakan batuk. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan bahkan dapat membantu menekan refleks batuk.

7. Konsumsi kunyit

Konsumsilah minuman kunyit hangat. Serupa dengan jahe, kunyit memiliki senyawa bernama kurkumin, yang dikenal karena sifat antiradang, antioksidan, dan antivirusnya. Sifat senyawa tersebut dapat membantu melegakan tenggorokan, mengurangi radang, serta meredakan batuk.

8. Konsumsi probiotik

Probiotik justru mencegah daripada mengobati. Probiotik dapat menyeimbangkan flora gastrointestinal, yang justru membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk mencegah batuk yang disebabkan oleh pilek atau flu. Probiotik dapat ditemukan dalam makanan fermentasi seperti yogurt, asinan kubis, dan kimchi. Probiotik juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen.

9. Hindari paparan zat iritan

Hindarilah lingkungan kotor dan zat iritan untuk membantu mengatasi batuk. Iritasi lingkungan seperti asap, debu, atau bau yang menyengat dapat memperparah batuk.

Pastikan untuk selalu berada pada lingkungan bersih. Jika situasi mengharuskan untuk menghadapi lingkungan kotor, gunakanlah perlindungan seperti masker kesehatan guna menghindari masuknya virus jahat.

10. Gunakan jadwal tidur yang proporsional

Berikan tubuh Anda banyak waktu untuk pemulihan. Tidur dan istirahat dalam waktu proporsional dengan kualitas terbaik sangat penting saat Anda sedang terpapar penyakit, termasuk batuk. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro