Anak-anak Lomba 17 Agustus-an/tokopedia
Entertainment

Ide Lomba 17 Agustus, Jadi Seru dan Meriah

Redaksi
Senin, 5 Agustus 2024 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap daerah di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI dengan berbagai perlombaan unik. Lomba sepeda lambat adalah contohnya, yang justru mencari peserta terlambat sebagai pemenangnya.

Perayaan HUT ke-79 RI diselenggarakan dalam bentuk perlombaan setiap tanggal 17 Agustus. Bentuk perayaan yang dilakukan di setiap tempat juga berbeda.

Dilansir dari laman bfi.co.id dan tokopedia.com, berikut adalah deretan perlombaan:

1. Make up dengan mata tertutup

Umumnya, peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah orang dewasa, khususnya ibu-ibu. Sesuai dengan namanya, cara memainkan lomba ini adalah dengan merias wajah peserta lainnya dengan mata tertutup.

2. Fashion Show dengan tema hari kemerdekaan

Pada lomba ini, para peserta dibebaskan untuk menggunakan busana kreatif hasil ide masing-masing – dengan tema hari kemerdekaan, lalu ditampilkan dengan cara berjalan bak seorang model. Pemenang dari lomba ini adalah peserta dengan busana paling kreatif dibanding peserta lainnya.

3. Perang bantal

Berbeda dari yang lain, lomba ini adalah permainan air. Perang bantal biasanya dimainkan oleh  2 orang yang duduk di sebuah kayu yang dipasangkan di atas air. Sembari menjaga keseimbangan, peserta akan saling memukul satu sama lain menggunakan bantal. Pemenang dari lomba ini adalah peserta yang dapat bertahan hingga akhir tanpa jatuh kedalam air.

4. Sepeda lambat

Lomba ini umumnya terdiri dari beberapa babak, dimana setiap babak memiliki 5-10 peserta. Berbeda dari lomba balapan lainnya – cepat-cepat menuju garis finish, lomba ini justru mencari siapa yang paling lambat menuju garis finish. Semua peserta diwajibkan untuk mengayuh sepeda dengan kecepatan selambat mungkin, tanpa terjatuh.

5. Tebak gambar

Lomba ini dapat diikuti secara berkelompok yang masing-masing beranggotakan 5-7 orang, dan membentuk barisan panjang. Anggota terdepan dalam kelompok harus menggambar sesuatu sesuai dengan instruksi panitia.

Gambar tersebut akan dikerjakan oleh anggota-anggota selanjutnya dengan waktu singkat. Anggota terakhir dalam kelompok akan menebak isi gambar, dan jika tebakannya benar, mereka akan memenangkan pertandingan atau mendapatkan poin, begitupun sebaliknya.

6. Memasak hidangan khas Indonesia

Lomba ini dapat diikuti oleh masyarakat secara berkelompok. Walau terdengar mudah, lomba ini justru akan memperlihatkan keterampilan memasak seseorang sekaligus kemampuan bekerjasamanya. Para peserta hanya perlu membawa bahan masakan sesuai hidangan pilihan mereka. Tentu, pemenangnya adalah mereka dengan masakan terbaik, yang dinilai berdasarkan penampilan dan rasanya.

7. Estafet kardus

Keahlian utama yang diperlukan dalam lomba ini adalah kerjasama. Dengan 2 potongan kardus, kelompok yang berisikan beberapa orang ini berlomba-lomba menuju garis finish dengan menapakkan kaki pada 2 kardus tersebut. Kelompok yang menapakkan kakinya di luar kardus akan langsung didiskualifikasi atau mendapatkan pengurangan waktu (jika sampai garis finish).

8. Tebak gerakan

Serupa dengan tebak gerakan, setiap tim dalam lomba ini dapat diisi oleh 5-7 anggota yang membentuk baris panjang. Anggota pertama akan diberikan sebuah kata oleh panitia. Kata tersebut akan diberikan ke anggota kedua melalui gerakan tanpa suara, peserta kedua akan menyampaikan hal yang sama dengan cara yang sama ke anggota ketiga, begitupun seterusnya.

Anggota terakhir harus menjawab arti gerakan tersebut – seharusnya sama dengan yang pertama, untuk memenangkan pertandingan atau mendapatkan poin.

9. Menangkap belut

Lomba menangkap belut cenderung sulit, karena tubuh belut yang licin untuk ditangkap. Peserta harus memindahkan belut dari wadah satu ke wadah lainnya yang masih kosong. pemenang dari lomba ini adalah peserta dengan jumlah perpindahan belut terbanyak.

10. Estafet sarung

Permainan estafet sarung biasanya dilakukan dengan cara berkelompok yang berisi 5-7 orang setiap timnya. Cara bermainnya cukup mudah, yaitu memindahkan sarung dari satu anggota ke anggota lainnya dengan tangan yang saling berpegangan. Tim yang paling cepat memindahkan sarung sampai anggota terakhir adalah pemenangnya.

11. Sepak bola menggunakan sarung

Peserta dalam lomba ini akan terbagi ke dalam dua tim, dimana seluruh peserta harus menggunakan sarung ketika bermain sepak bola. Pergerakan yang dibatasi oleh sarung menjadi tantangan tersendiri bagi setiap peserta. Serupa dengan permainan sepak bola pada umumnya, pemenang adalah tim dengan perolehan skor lebih tinggi dari tim lawan.

12. Memasukkan paku ke dalam botol

Lomba ini cenderung sederhana, dimana setiap peserta harus berlomba-lomba memasukkan paku yang telah dikaitkan tali ke dalam botol. Lomba ini cukup sulit ketika Anda sadar bahwa permainannya membutuhkan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi.

13. Memindahkan kacang menggunakan sumpit

Dalam lomba ini, peserta yang dapat mengumpulkan kacang dengan jumlah terbanyak akan memenangkan pertandingan. Serupa dengan lomba sebelumnya, lomba ini juga cukup sulit ketika Anda sadar bahwa permainan ini membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi.

14. Joget balon

Dalam lomba ini, peserta akan dibagi berpasang-pasangan. Cara memainkannya adalah dengan saling berhadapan dengan mengapit balon di bagian dada, perut atau dahi, lalu joget sambil menahan balon agar tidak meletus. Pasangan yang paling lama menahan balon tidak meletus adalah pemenangnya.

15. Menghias masker

Berbeda dari lomba lainnya, lomba ini memperlihatkan keterampilan seni seseorang, termasuk anak kecil dan orang dewasa. Pemenang adalah mereka dengan hasil riasan masker terbaik, yang penilaiannya dilakukan berdasarkan tingkat kreativitas dan estetika setiap masker. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro