Bayi yang butuh dipijat oleh orang tua/ilustrasi
Health

Simak Manfaat dan Cara Pijat Bayi yang Benar

Redaksi
Kamis, 15 Agustus 2024 - 17:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memijat bayi merupakan cara tepat untuk melakukan bonding dengan anak, terutama ketika mereka belum bisa berkomunikasi dengan cara lain.

Dilansir dari Healthy Children dan Lancaster General Health, Kamis (15/8/2024), indera peraba bayi merupakan indera yang paling sensitif. Bahkan, mereka sudah merasakan sentuhan sejak masih di dalam rahim. Maka, bayi dapat merasakan manfaat dari pijatan orang tua dengan cepat.  

Manfaat Memijat Bayi

1. Ketenangan

Setelah dipijat, stres hormon bayi biasanya akan menjadi lebih rendah. Bayi cenderung merasa lebih tenang dengan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, otot-otot pun menjadi lebih rileks dan fleksibel. 

2. Regulasi bagian tubuh menjadi lebih baik

Manfaat pijatan sangat besar dalam sistem tubuh si bayi. Bayi akan dapat bernapas dengan lebih baik dengan sirkulasi darah yang lebih lancar. Selain itu, sistem pencernaan pun akan bekerja dengan baik.

Melalui manfaat yang satu ini, bayi pun akan meningkatkan kekebalan tubuh mereka terhadap penyakit.

3. Sensitivitas kulit menurun

Ketika kulit bayi dipijat dengan sentuhan secara rutin, toleransi mereka terhadap stimulasi kulit akan lebih tinggi. 

Gangguan kulit seperti ruam dan gatal-gatal karena stimulasi tertentu bisa berkurang.

4. Stimulasi otak bayi

Pijatan dapat menstimulasi otak kanan dan otak kiri bayi. Selain meningkatkan perkembangan otot, hal ini juga dapat membuat bayi memiliki “body awareness” atau kesadaran terhadap tubuh sendiri.

Selain itu, bagi orang tua, memijat bayi juga dapat memberi manfaat. Anda dapat meningkatkan ikatan atau bond, menumbuhkan kepercayaan, hingga rasa aman dengan anak.

Terutama, Anda dapat mempelajari tanda-tanda tubuh bayi. Misalnya, kontak fisik apa yang tidak mereka sukai, atau bagian tubuh yang terasa sakit dan perlu perhatian lebih. Anda perlu mengingat tanda-tanda ini supaya bayi tidak mengalami cedera.

Cara Memijat Bayi

Bayi akan merasa paling nyaman dipijat dalam ruangan yang tidak terlalu dingin. Letakkan bayi di atas tempat tidur. Jangan sampai Anda mengenakan baju atau aksesoris yang bisa membuat kulit bayi iritasi. 

Jika sudah siap, ikutilah beberapa teknik memijat bayi ini dengan lembut, tetapi tetap dengan tekanan yang sekiranya cukup:

- Pijat punggung

Pijat dengan teknik mendorong ke bawah, dari pundak bayi hingga punggung bawah dan bokong bayi. 

- Pijat telapak tangan

Letakkan ibu jari Anda di telapak tangan bayi, dan buat gerakan lingkaran dengan jari Anda. Biasanya, ini sangat baik untuk bayi yang suka mengepalkan tangan.

- Pijat telapak kaki

Anda dapat lakukan hal yang mirip dengan pijatan telapak tangan. Selain dalam gerakan lingkaran, Anda juga bisa menggerakkan ibu jari Anda dari bagian tumit ke jari kaki bayi, kemudian menarik jari kaki dengan lembut.

- Pijat pundak

Ketika bayi Anda sudah bisa duduk, Anda dapat melakukan pijatan dari pundak ke lengan atas, hingga ke lengan bawah.

- Pijat tubuh

Posisi bayi dalam teknik pijat ini adalah tidur telentang. Anda dapat memulai pijatan dari wajah bayi, kemudian menambah tekanan seiring pijatan bergerak ke bawah.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro