Pemandangan umum kota menyusul peningkatan polusi udara di Teheran, Iran, 5 Desember 2023. Majid Asgaripour/WANA (Kantor Berita Asia Barat) melalui REUTERS
Health

Ini 10 Partikel Polusi Berbahaya, Tetapi Dihirup Manusia Setiap Hari

Redaksi
Sabtu, 31 Agustus 2024 - 08:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang sadar akan keberadaan polutan seperti karbon monoksida yang terlalu banyak, bisa menyebabkan penyakit pada tubuh hingga kematian.

Dilansir dari laman iaqir.com (28/8/2024), polusi (polutan) biasanya sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di kota-kota besar. Partikel polusi, dampak, dan sumbernya juga berbeda bagi manusia.

Ini 10 polutan berbahaya yang mungkin Anda hirup sehari-hari:

1. Partikel materi

Partikel materi dibagi menjadi 3, yaitu PM10 (partikel kasar), PM2.5 (partikel halus), dan partikel ultrafine (UFP). Partikel kasar adalah partikel yang dapat dihirup dengan diameter berkisar antara 2,5 dan 10 mikron, seperti debu yang beterbangan di gudang atau asap dari kebakaran hutan.

Partikel halus adalah partikel yang dapat dihirup dengan diameter kurang dari 2,5 mikron (hanya dapat dilihat di bawah mikroskop), seperti tungau debu, bakteri, dan debu. Sementara partikel ultrafine adalah partikel yang memiliki diameter kurang dari 0,1 mikron dan membentuk sekitar 90% dari semua polutan udara. Ukuran partikel ultrafine yang sangat kecil menjadikannya sebagai partikel paling berbahaya diantara 2 lainnya.

2. Bulu hewan

Bulu hewan peliharaan dapat mudah menyebar di tempat umum, seperti rumah, sekolah, rumah sakit, dan tempat umum lainnya – meskipun tidak ada hewan di sana. Bulu hewan peliharaan yang menyebar luas bahkan dapat memicu alergi bagi banyak orang, yang dapat menyebabkan gejala-gejala seperti flu dan mata merah.

3. Serbuk sari

Serbuk sari adalah salah satu pemicu alergi musiman terpopuler. Setiap musim semi, musim panas, dan musim gugur, tanaman melepaskan serbuk sari kecil untuk menyuburkan tanaman lain – spesies yang sama. Serbuk sari yang Anda hirup dapat masuk ke sistem pernapasan dan memicu reaksi alergi yang ditandai dengan gejala flu dan hidung tersumbat.

4. Jamur

Jamur dibagi menjadi 3 kategori, yaitu alergenik, patogenik, dan toksigenik. Jamur alergenik adalah jamur yang dapat memperburuk alergi ringan. Jamur patogenik adalah jamur yang dapat memicu infeksi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sementara jamur toksigenik adalah jamur yang dapat menyebabkan respons toksik pada manusia. Ketiga jamur ini dapat terbentuk dari berbagai kondisi, lantai atau karpet yang basah adalah salah satunya.

5. Timbal

Timbal memiliki efek buruk pada kesehatan jangka panjang Anda – semakin sering terpapar timbal dalam waktu lama, semakin besar juga kemungkinan Anda akan mengalami masalah kesehatan serius di kemudian hari. Dampak paparan timbal meliputi kerusakan parah pada sistem saraf, penyakit ginjal, dan keracunan.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro