Partikel virus cacar monyet atau monkeypox./Istimewa
Health

9 Tips Mencegah Penularan Mpox, Jangan Lupa Selalu Bawa Hand Sanitizer

Redaksi
Senin, 2 September 2024 - 10:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – WHO mengabarkan bahwa lebih dari 120 negara telah melaporkan kasus monkeypox atau Mpox dalam 2 tahun terakhir.

Lebih dari 100.000 kasus telah terkonfirmasi di seluruh dunia. Di Indonesia, 88 kasus cacar monyet telah dikonfirmasi dan sembuh selama 2022–2024.

Namun, masyarakat harus tetap waspada dalam menghadapi penularan virus Mpox ini. Berikut beberapa cara mencegah dan menghindari penularan Mpox, melansir CDC dan PBB:

1. Lakukan vaksinasi.

Terdapat beberapa vaksin yang direkomendasikan lembaga kesehatan untuk mencegah Mpox. Di antaranya adalah vaksin JYNNEOS, MVA-BN, atau LC16. Alternatif selanjutnya apabila ketiga vaksin tersedia adalah ACAM2000.

Ketiganya merupakan vaksin yang direkomendasikan untuk cacar air (smallpox). Vaksin ini juga bekerja baik sebagai pencegahan Mpox.

Lakukan vaksinasi apabila Anda termasuk orang yang rentan terkena Mpox. Antara lain, laki-laki 20–40 tahun yang merupakan komuter, orang yang aktif secara seksual, serta penderita HIV atau infeksi menular seksual lainnya. 

Selain itu, apabila Anda bepergian ke luar negeri atau bertemu orang-orang dari luar negeri, konsultasikan pemberian vaksin dengan dokter.

2. Jaga kebersihan diri

Usahakan selalu membersihkan diri setelah bepergian, untuk memperkecil kemungkinan Anda terkontaminasi Mpox dari orang lain maupun permukaan yang telah disentuh orang lain.

Hindari juga berbagi alat makan, alat mandi, dan handuk dengan orang lain. Anda tidak tahu siapa saja yang telah terjangkit Mpox.

3. Rajin mencuci tangan dan membawa hand sanitizer

Rajin mencuci tangan termasuk salah satu kiat higienitas diri yang penting, tetapi sering dilupakan. Mencuci tangan dapat menghindarkan Anda dari kontaminasi Mpox–baik dari sentuhan langsung maupun tidak langsung.

Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer, apabila tidak ada tempat cuci tangan di sekitar Anda. Hand sanitizer yang ampuh untuk melawan Mpox adalah produk yang mengandung kadar alkohol 70%.

4. Bersihkan permukaan sekitar dengan disinfektan

Jika Anda hidup bersama orang lain atau baru kedatangan tamu, penting untuk membersihkan permukaan yang kerap disentuh. 

Gunakan pula disinfektan dengan kadar alkohol 70% untuk memastikan bahwa tempat tinggal Anda tetap steril dari Mpox. Jika produk disinfektan tidak menunjukkan fungsi membersihkan (tidak ada tulisan “cleaning”, hanya “disinfectant”) maka bersihkan dulu permukaan menggunakan sabun dan air.

Cuci rutin seprei, handuk, dan barang rumah dari kain lainnya. Terutama apabila terdapat orang dalam satu rumah yang terinfeksi Mpox.

5. Masak bahan-bahan hewani dengan benar

Hewan juga bisa menyebarkan Mpox apabila diburu, dikuliti, dan dimasak dengan cara yang tidak tepat. Daging yang telah terkontaminasi Mpox bisa saja menyebarkan virus tersebut ke orang yang memakannya.

Maka, pastikan proses persiapan dan memasak daging telah tepat dan dimasak hingga matang.

6. Hindari kegiatan yang mendorong kontak fisik tinggi

Kegiatan yang membuat Anda berdesak-desakan dengan orang lain seperti konser dan pesta dapat dihindari. Kontak fisik dengan orang yang memiliki Mpox adalah salah satu cara utama penyebaran Mpox.

Jika Anda melihat ruam atau bintik cacar di kulit orang lain, langsung jauhi area kerumunan tersebut dan cari tempat lain.

7. Hindari berganti-ganti pasangan

Kontak fisik merupakan salah satu cara tersebarnya Mpox, dan orang yang memiliki HIV dan infeksi menular seksual lainnya termasuk kelompok rentan terkena Mpox.

Jika Anda memiliki gaya hidup berganti-ganti pasangan, lebih baik dihentikan karena dapat meningkatkan kemungkinan Anda dan orang di sekitar Anda terjangkit Mpox.

8. Hindari kontak dengan hewan

Hewan juga rawan menyebarkan virus Mpox ke manusia apabila Anda melakukan kontak fisik langsung–terutama lewat gigitan dan cakaran. Jika hewan pernah berinteraksi dengan orang yang terkena Mpox, maka hewan tersebut bisa saja menyebarkannya kembali ke manusia lainnya.

Hewan-hewan ini termasuk hewan peliharaan biasa, hewan ternak, hingga hewan liar. Selain itu, beberapa jenis hewan sangat mungkin memiliki virus Mpox, seperti primata dan hewan pengerat.

9. Sarankan isolasi diri jika orang terdekat Anda terkontaminasi

Seperti pada pandemi COVID-19, seseorang yang terkena Mpox harus menjalani isolasi diri hingga sembuh jika tidak ingin menyebarkannya ke orang lain. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kontak fisik dan penyebaran melalui cairan.

Jika penderita Mpox melakukan isolasi mandiri di rumah Anda, lakukan tips-tips dekontaminasi dan pembersihan rumah di atas. Selain itu, pastikan bahwa gejala telah benar-benar hilang sebelum berhenti melakukan isolasi diri. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro