Seorang siswi menunjukkan menu makanan dalam simulasi penerapan program makanan gratis di SMPN 2 Curug. Susu ikan menjadi salah satu alternatif dalam program makan siang gratis./JIBI/Annasa Rizki Kamalina
Health

Program Makan Siang Gratis, Ini Manfaat Susu Ikan

Novita Sari Simamora
Selasa, 10 September 2024 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Susu ikan menjadi hot topic dalam Google Trend, sebab susu ikan menjadi salah satu pilihan dalam program makan sehat Prabowo-Gibran.

Dikutip dari situs Kemenkop UKM, Selasa (10/9/2024) susu ikan merupakan produk olahan pangan yang berbahan baku ikan. Pada tahun lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kemenkop UKM meluncurkan susu ikan sebagai untuk mendorong hilirisasi produk perikanan. 

Adapun produk inovasi berbahan baku ikan yang kemudian diproses dengan teknologi modern hingga menghasilkan Hidrolisat Protein Ikan (HPI) sebagai bahan baku susu ikan. Susu ikan juga aman bagi anak-anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

HPI adalah produk inovasi karya anak bangsa Berikan Bahari Indonesia, salah satu UMKM binaan KKP.

Susu ikan juga bisa mendongkrak  daya saing produk perikanan, baik di pasar dalam negeri maupun global. Produk inovasi ini menggabungkan manfaat protein ikan untuk kesehatan dengan diversifikasi produk olahan.

Apakah manfaat susu ikan bagi kesehatan?

Produk olahan kelautan yang disebut susu ikan memiliki kekayaan sumber daya perikanan dengan nilai tambah yang terkandung didalamnya dapat dinikmati oleh masyarakat saat ini dan generasi mendatang.

Pemerintah juga mengklaim bahwa susu ikan juga bisa meningkatkan tumbuh kembang anak-anak, serta mencegah stunting. Namun, belum ada penelitian yang lebih detail dan mendalam tentang nilai gizi dan kandungan di dalam susu ikan bagi kesehatan.

Simak manfaat susu ikan yang dilansir dari situs Kemenkop UKM:

1. Mencegah stunting

2. Mengandung EPA DHA

3. Mengandung Omega 3 yang tinggi

4. Bebas alergen

5. Mudah dicerna tubuh karena memiliki tingkat penyerapan protein mencapai 96%

6. Diproduksi dari ikan dalam negeri

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro