Hari libur nasional 2024 menjadi waktu yang tepat untuk merencanakan jadwal travelingmu
Travel

Tren Destinasi Liburan Favorit Berubah di Tengah Ekonomi Sulit

Mutiara Nabila
Rabu, 23 Oktober 2024 - 08:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Belakangan ramai menjadi pembahasan bahwa saat ini daya beli masyarakat Indonesia tengah menurun di tengah inflasi tinggi. Hal ini ternyata turut mengubah tren perjalanan dan destinasi wisata.

Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa mengungkapkan secara pertumbuhan, baik berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) maupun berdasarkan transaksi di Tiket.com, masih tercatat positif.

"Menurut saya soal daya beli, sepertinya momentumnya masih sangat bagus Jadi di 2024 ini, baik itu wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara itu masih naik dan cukup signifikan dibandingkan tahun lalu," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Dia juga mengungkap sering kali menyaksikan pesawat-pesawat terisi penuh, dan tingkat keterisian hotel-hotel juga masih cukup tinggi.

Namun, Gaery mengungkap bahwa memang terdapat perubahan pasa tren perjalanan dari sisi pilihan destinasi wisatanya.

"Jadi kalau tahun lalu cukup banyak orang inginnya pergi liburan jauh-jauh misal dari Jakarta ke Jepang, bahkan ke Amerika, Australia gitu ya. Tapi, kalau sekarang kita perhatikan memang, sepertinya orang pilih yang lebih cepat, yang jaraknya lebih dekat," ungkapnya.

Beberapa destinasi favorit masyarakat Indonesia antara lain Malaysia, Bangkok, dan Singapura, menjadi primadona.

Sementara itu, Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing Tiket.com, menambahkan, beberapa destinasi yang paling banyak dituju di dalam negeri antara lain Bali, Yogyakarta, Belitung, sampai Labuan Bajo. 

Kemudian, penerbangan dari Surabaya ke luar negeri seperti Surabaya ke Kuala Lumpur atau Singapura juga makin banyak dipesan

"Jadi yang ramai terbang ke luar juga nggak cuma dari Jakarta saja, tapi dari kota-kota lain juga yang ada di Indonesia ya," imbuhnya.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro