Fashion

Ingin Jantung Sehat? Lakukan Hal Sederhana Ini di Rumah

Rahmayulis Saleh
Selasa, 7 Oktober 2014 - 20:24
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA-- Hingga kini penyakit jantung masih merupakan penyebab kematian nomor satu. Setidaknya 80% dari kematian dini akibat penyakit jantung dan pembuluh darah, bisa dicegah bila masyarakat memperhatikan dan membenahi hal-hal sederhana, namun bermanfaat di rumah.
 
Ekowati Rahajeng, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Direktorat P2PL Kemenkes, mengatakan ada beberapa hal sederhana yang bisa dibenahi di rumah, namun bermanfaat besar dalam kehidupan. 
 
Setidaknya ada empat faktor risiko yang harus dikendalikan. Yaitu merokok, kurang aktivitas fisik, diet yang tidak sehat, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.
 
"Hal lainnya adalah batasi mengonsumsi makanan kemasan yang banyak  mengandung gula, lemak, dan garam," kata Ekowati dalam Peringatan Hari Jantung Sedunia, di Jakarta, Selasa (7/10/2014).
 
Sebaiknya, lanjutnya, sisipkan selalu sayuran  dan buah-buahan segar pada menu makanan. Persiapkan dan rencanakan makan siang yang sehat, dan bergizi seimbang untuk di kantor/sekolah.
 
Berhenti merokok di dalam rumah, katanya, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan perokok, tapi juga anak dan keluarganya. 
 
Batasi jam menonton TV. Lakukan kegiatan di luar dengan aktivitas fisik memadai, seperti bersepeda, jalan kaki, berlari, atau berkebun, serta naik gunung.
 
Ekowati menuturkan sebaiknya kenali risiko penyakit kardiovaskular diri sendiri, dengan cara selalu periksa secara rutin tekanan darah, imdeks massa tubuh, berat badan, dan selalu konsultasi ke dokter untuk risiko spesifik yang dimiliki.
 
"Bila anda sudah mengetahui risiko terhadap penyakit kardiovaskular, maka lakukanlah pengobatan jangka panjang yang rutin dan terencana, dengan dokter dan tenagar profesional," ungkapnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro