Obesitas/abcnews.go.com
Health

Waspadalah! Obesitas Kurangi Usia Harapan Hidup Anda 8 Tahun

Newswire
Sabtu, 13 Desember 2014 - 20:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--  Sebuah prediksi yang dilakukan melalui permodelan komputer menunjukkan menderita obesitas bisa mengurangi delapan tahun usia harapan hidup dan menjauhkan Anda dari kondisi sehat selama 19 tahun.

Penelitian menunjukkan, baik kegemukan ataupun obesitas memiliki kemungkinan lebih kecil hidup lama karena terjadi peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, para peneliti dari Kanada menggunakan data dari survei nasional di Amerika Serikat untuk membuat simulasi model yang memperkirakan risiko mengembangkan masalah kesehatan pada orang dewasa dengan bobot tubuh yang berbeda .

Mereka menemukan orang yang memiliki kelebihan berat badan - orang dengan indeks massa tubuh ( BMI ) antara 25 dan 30 - bisa kehilangan  harapan hidup tiga tahun.

Sementara, untuk mereka yang obesitas yakni BMI 30 sampai 35, usia harapan hidupnya berkurang hingga enam tahun. Kemudian, untuk mereka yang sangat gemuk, BMI 35 atau lebih, bisa kehilangan hingga delapan tahun .

Profesor dari McGill University, Dr. Steven Grover, mengungkapkan, perhitungan ini akan berguna bagi dokter untuk menunjukkan kepada pasien mereka soal risiko menderita kelebihan berat badan atau obesitas .

"Perhitungan klinis bermakna ini harus berguna bagi penderita obesitas dan profesional kesehatan untuk lebih menghargai skala masalah dan manfaat besar dari gaya hidup sehat termasuk perubahan pola makan dan aktivitas fisik secara teratur, " katanya.

Hasil ini dipublikasikan dalam Jurnal the Lancet Diabetes dan Endokrinology beberapa waktu lalu. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

8 Bahan Alami Mencerahkan Warna Siku

Ahok: Bus yang Ngetem Dicabut Saja Trayeknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro