Wabah Ebola/healthsite.com
Health

WABAH EBOLA Bikin Sejuta Orang Terancam Kelaparan

Editor
Kamis, 18 Desember 2014 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Jumlah orang yang menghadapi kerawanan pangan akibat wabah Ebola di Guinea, Liberia dan Sierra Leone bisa mencapai satu juta sampai Maret 2015, kecuali akses ke makanan ditingkatkan secara drastis dan dilakukan tindakan untuk memelihara produksi tanaman dan ternak.

SIMAK: BAHAYA TINDIK MULUT: Tindik Marilyn Monroe Bikin Seksi

Dampak penyakit tersebut berpotensi menghancurkan ketiga negara itu, yang sudah menghadapi kerawanan pangan kronis, kata Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) dan Program Pangan Dunia (WFP) di dalam siaran pers, Rabu (17/12/2014).

Penutupan perbatasan, karantina, larangan berburu, dan pembatasan lain sangat menghalangi akses rakyat ke pangan, dan mengancam kehidupan mereka, mengganggu pasar pangan dan rantai pemrosesan serta menambah parah kekurangan yang berpangkal dari hilangnya tanaman di daerah yang menghadapi angka penularan Ebola tertinggi, kata badan PBB yang berpusat di Roma itu.

Pada Desember 2014, setengah juta orang diperkirakan menghadapi kondisi rawan pangan parah di ketiga negara yang paling berat dilanda Ebola di Afrika Barat.

Hilangnya produktivitas dan penghasilan rumah tangga akibat penyakit, kematian yang berkaitan dengan Ebola serta orang tak bisa bekerja, karena khawatir tertular, menambah parah kelambanan ekonomi di ketiga negeri tersebut.

Situasi itu terjadi saat makin banyak pangan diimpor oleh ketiga negeri tersebut, namun penghasilan dari komoditas ekpor kena dampaknya.

FAO dan WFP menjelaskan bagaimana wabah Ebola telah mengakibatkan guncangan kuat pada sektor pangan dan pertanian di negara yang terpengaruh itu. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

BAHAYA TINDIK MULUT: Begini Cara Cegah Bengkak & Komplikasi

BAHAYA TINDIK MULUT: Tindik Marilyn Monroe Bikin Seksi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro