Jantung sehat/boldsky.com
Health

HARI JANTUNG SEDUNIA: Perki Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 29 September 2015 - 14:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sebagai bagian dari peringatan World Heart Day 2015, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI)melakukankegiatan untuk mengajak masyarakat sadar akan kesehatan jantung dengan membagikan membagikan pin dan leaflet program kesadaran penyakit jantung di Kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta (29/9).

Peringatan hari Jantung Sedunia diperingati setiap tanggal 29 September setiap tahun sejak tahun 2000, tahun ini temanya “Healthy Heart Choices for Everyone, Everywhere”.

Penyakit Kardiovaskular termasuk dalam hal ini adalah penyakit Jantung dan Stroke telah merenggut nyawa 17, 3 juta jiwa setiap tahun diseluruh dunia. Pada tahun 2030 angka tersebut meningkat mencapai 23 juta. Sebagian besar korban penyakit kardiovaskular berada di negara-negara sedang berkembang.

Perlu langkah global untuk mengatasi hal tersebut melalui upaya upaya untuk menyadarkan masyarakat dunia untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Di Indonesia, stroke dan penyakit jantung masuk dalam 10 penyebab kematian utama.

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI)  DR. Dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHA, FAsCC, FESC, FACCmengatakan, pada World Heart Day ini, PERKI gencar mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memastikan lingkungan tempat tinggal mereka adalah lingkungan yang kondusif dan baik bagi jantung, karena setiap orang berhak memilih untuk hidup di lingkungan sehat.

Dia mengatakan tema tahun ini menekankan pada pilihan orang untuk memiliki jantung yang sehat melalui berbagai cara, baik melalui pola makan maupun gaya hidup sehari-hari. Jantung adalah organ yang penting untuk tubuh karena berfungsi untuk menyuplai darah pada seluruh tubuh.

Namun seringkali pola dan kebiasaan buruk dan pola makan yang tidak sehat mempengaruhi kesehatan jantung secara negatif. “Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung sangat dianjurkan untuk merawat fungsi dan kesehatan jantung. Kombinasi makanan sehat dan aktif berolahraga dapat menciptakan jantung sehat dan terhindar dari masalah penyakit jantung koroner,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (29/09)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro