Menyambut Tahun Monyet Api/Reuters-Olivia Harris
Relationship

Enam fakta tentang Shio Monyet

Anitana Widya Puspa
Senin, 8 Februari 2016 - 12:59
Bagikan

Bisnis.com, BEIJING - Tahun ini adalah tahun monyet menurut zodiak Cina. Berikut adalah enam fakta tentang shio monyet dalam budaya China seperti yang terangkum oleh Xinhua

1. Simbol vitalitas dan kecerdasan

Zodiak China terdiri dari 12 hewan - tikus, sapi, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing dan babi - semua tetap dalam urutan pada siklus 12 tahun, dan masing-masing terkait dengan salah satu dari 12 cabang terestrial.

Berada di urutan siklus ke-sembilan, monyet terkait dengan cabang terestrial Shen, dipandang sebagai simbol vitalitas dan kecerdasan.

Tahun kambing sebelum tahun monyet dianggap sebagai hewan pasif dan jinak. Tahun monyet lebih disukai oleh para calon orangtua, karena banyak yang meyakini bayi yang lahir di tahun monyet akan energik, percaya diri, ramah, cerdas dan inovatif.

2. Raja Monyet

Monyet paling terkenal di budaya China adalah Raja Monyet dengan legenda klasik "Perjalanan ke Barat." Raja monyet diyakini memiliki banyak kekuatan supranatural dan bertanggung jawab untuk melindungi peziarah terkenal di Dinasti Tang (618-907) perjalanan untuk mengambil sutra Buddha dari India.

The Monkey King simbol keberanian, ketulusan, dan kekuatan untuk melawan kejahatan. Di Provinsi Fujian, dia disembah sebagai dewa penjaga bagi keluarga.

The Monkey King juga pahlawan banyak opera tradisional, film dan serial TV. Satu seri "Perjalanan ke Barat" telah disiarkan lebih dari 3.000 kali oleh berbagai stasiun TV sejak 1986.

3. Prangko mahal

Sebuah prangko yang dikeluarkan pada 1980, Tahun Monyet, kini harga 12.000 yuan (sekitar 1.800 dolar AS) masing-masing, tetapi nilai wajah dicetak hanya 8 sen (sekitar 1 AS persen). Ini adalah salah satu prangko paling berharga di kalangan kolektor.

Banyak negara-negara lain juga telah mengeluarkan perangko untuk merayakan tahun baru. Tahun ini, Republik Korea, Singapura, Jepang, Perancis dan Kanada di antara mereka mengeluarkan perangko monyet mereka sendiri.

4. Kung Fu

Familiar sebagai master monyet di Kung Fu Panda, monyet merupakan simbol penting dalam dunia seni bela diri China. Sekolah Monkey Boxing bahkan mengadopsi beberapa gerakan monyet. Bergerak gesit dan cepat, dengan beberapa gerakan dari mereka bahkan meniru gerakan monyet dalam kehidupan nyata.

5. Simbol posisi tinggi

Karakter China untuk monyet ini mirip dengan orang-orang kuat atau posisi yang tinggi, dan mereka berdua diucapkan "hou." Jadi dalam budaya China mereka berhubungan erat, seperti monyet dianggap sebagai simbol keberuntungan untuk status sosial yang tinggi, seperti pejabat pemerintah atau royalti.

Dalam huruf China pinyin, "monyet di atas kuda" mirip dengan "dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi segera." Kombinasi tersebut sering bisa ditemukan di kesenian rakyat, seperti patung, kertas-luka, dan lukisan.

6. Maskot untuk kesehatan baik

Monyet dianggap sebagai simbol kesehatan dan umur panjang, karena banyak jenis monyet memiliki jenggot putih seperti orangtua.

Di China kuno, orang juga percaya bahwa monyet sensitif terhadap wabah. Para pedagang sering bepergian dengan monyet untuk melindungi kuda mereka dari penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro