Pemerintah Tunjuk Ikke Nurjanah Boyong Musik Dangdut ke AS

Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan biduan Ikke Nurjanah untuk memboyong dan memperkenalkan musik dangdut ke publik Amerika Serikat.
Wike Dita Herlinda | 20 Agustus 2016 12:46 WIB
/ikkenurjanah.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan biduan Ikke Nurjanah untuk memboyong dan memperkenalkan musik dangdut ke publik Amerika Serikat.

Kegiatan yang dinamai 'Amerika Terlena Dangdut 2016' itu akan diselenggarakan pada 1-15 September 2016 di beberapa kota AS, termasuk Washington, Philadelphia, dan New York.

"Kami berharap acara ini dapat menginspirasi penyanyi Indonesia untuk 'go international' dan agar dangdut bisa dikenal sebagai musik asli Indonesia," kata Deputi Bidang Pemasaran Bekraf Joshua Puji Simanjuntak dalam siaran pers, Sabtu (20/8/2016).

Selain menampilkan musim dangdut, Ikke akan menghadiri undangan diskusi dari universitas dan KBRI di AS. Dia akan mengulas bukuny yang berjudul 'Diary Dangdut Ikke Nurjanah'.

Bedah buku tersebyt akan dilakukan di dua tempat, yaitu Library of Congress Washington DC dan Smithsonian Folkways.

Di dalam acara tersebut, Ikke akan didampingi Andrew Weintraub, dosen Departemen Musik Etnik di Pittsburgh University.

Andrew sebelumnya telah melakukan penelitian khusus tentang musik dangdut dan menuliskannya di Oxford University Press 2005.

"Setelah kembali ke Indonesia, kami akan mendukung para pedangdut berbakat karena rupanya musik ini sangat unik dan tidak semua orang bisa bernyanyi dangdut. Ada karakteristik istimewa yang disebut 'cengkok. Kami juga mendulung Bekraf untuk memperluas pemasaran musik dangdut'," sebut Andrew.

Tag : musik
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top