Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

Penyebab Depresi pada Orang Lanjut Usia

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Januari 2017 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Depresi merampas kebahagiaan hidup. Terutama, depresi pada orang tua lebih berbahaya karena mungkin tidak diketahui. Depresi pada orang muda umumnya bisa cepat diidentifikasi oleh anggota keluarga.

Tetapi, depresi pada orang tua, bisa menampilkan gejala yang berbeda dan bisa membingungkan karena gejala-gejalanya kadang sama dengan masalah kesehatan lainnya. Depresi, jika tidak ditangani, juga bisa meningkatkan risiko masalah jantung.

Juga, bisa menyebabkan kematian karena penyakit lain. Bahkan, statistik juga mengklaim bahwa depresi dapat meningkatkan risiko bunuh diri pada orang lanjut usia yang menderita depresi. Itulah mengapa penting untuk berada di sekitar orang-orang tua di keluarga dan menawarkan mereka mendukung secara emosional dan medis. Karenanya Anda perlu mengenali gejala dan apa penyebab depresi pada orang tua, Berikut fakta penyebab depresi pada orang tua.

Fakta # 1

Isolasi sosial bisa menjadi penyebab pertama untuk depresi pada orang tua. Umumnya, dewasa anak-anak dapat pindah ke tempat yang berbeda baik untuk pendidikan atau keperluan kerja. Hal ini dapat menyebabkan isolasi yang dapat meningkatkan risiko depresi.

Fakta # 2

Pada beberapa orang, insomnia juga bisa menjadi gejala atau faktor risiko depresi. Dan penggunaan obat tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan lebih lanjut.

Fakta # 3

Stres, kurangnya dukungan sosial, kesepian, kehilangan orang yang dicintai, perceraian yang menyakitkan, kondisi kesehatan yang lemah dan faktor-faktor tertentu lainnya meningkatkan risiko depresi pada lansia.

Fakta # 4

Kondisi kesehatan seperti hipertensi, stroke, demensia, kanker, diabetes juga dapat meningkatkan risiko terjerumus ke depresi pada usia tua.

Fakta # 5

Alkohol adalah depresan. Jadi, orang yang minum alkohol setiap hari sampai usia tua mereka rentan terhadap depresi.

Fakta # 6

Kurangnya aktivitas menarik juga bisa meningkatkan risiko di usia tua. Bahkan, orang yang selalu produktif, aktif secara fisik dan sosial ramah memiliki peluang lebih sedikit menderita depresi di usia tua.

Fakta # 7

Pikiran negatif dan kesedihan memanipulasi kimia otak dan dapat merusak malapetaka ketika kondisi kesehatan lainnya ada.

Fakta # 8

Ada terapi tertentu dan obat yang tersedia untuk membantu mengatasi depresi. Pastikan bahwa senior dalam keluarga Anda mendapatkan lebih banyak perhatian medis, perawatan dan cinta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro