Ahli kanker, Dr Cosphiadi Irawan SpPD-KHOM/Istimewa
Health

Lebih 70% Pasien Kanker Meninggal, Ini Sebabnya

Nancy Junita
Jumat, 7 April 2017 - 10:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lebih dari 70% pasien kanker di Indonesia meninggal.

Hal ini berdasarkan studi Asean Cost in Oncology (Action) yang dilakukan George Institute for Global Health  untuk menganalisis beban finansial yang disebabkan penyakit kanker di 8 negara di Asia.

Menurut Ketua Panitia “The Role Internist in Cancer Management (Roicam) ke-5 yang berlangsung 6-9 April di Jakarta, Dr Cosphiadi Irawan SPPD-KHOM, Kamis (6/4/2017),  di Indonesia lebih dari 70% pasien kanker di Indonesia mengalami kematian atau kesulitan keuangan pada tahun pertama setelah didiagnosis.

Dikatakan, di level makro beban finansial juga dirasakan pemerintah. Kementerian Kesehatan, katanya, mencatat tren peningkatan kasus kanker baru  dengan meningkatnya jumlah kasus yang ditangani dan pembiayaannya ditanggung BPJS Kesehatan.

Pada tahun 2014, misalnya, BPJS Kesehatan mengeluarkan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun untuk pengobatan kanker. Jumlah ini meningkat menjadi Rp2,5 triliun pada tahun 2015.

“BPJS Kesehatan memang membantu, meski belum semua obat  dan terapi kanker ditanggung. Dari sisi keluarga pasien, selain mengeluarkan biaya juga mengalami penurunan produktivitas,” tambah Cosphiadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro