Ilustrasi minyak wijen./ Dok. Freepik
Health

Simak Manfaat Minyak Wijen, Turunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker

Mutiara Nabila
Rabu, 24 April 2024 - 00:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Minyak wijen sangat serbaguna dan memiliki banyak kandungan nutrisi uanh bermanfaat, mulai dari menjaga kadar kolesterol sampai mencegah jenis kanker tertentu.

Minyak wijen adalah minyak goreng yang dapat dimakan yang diekstrak dari biji wijen. Minyak ini umum digunakan dalam masakan Asia dan Timur Tengah. Tanaman wijen terutama ditanam di Sudan, India, Myanmar dan Tanzania.

Di AS, negara bagian selatan dengan iklim lebih hangat, seperti Oklahoma, Texas, Kansas, dan Florida, merupakan produsen tanaman wijen terbesar di AS.

Seperti minyak goreng lainnya seperti kanola dan bunga matahari, minyak wijen diekstraksi dari biji mentah dan tidak dipanggang. Minyak ini memiliki dengan titik asap 210° C yang paling baik digunakan sebagai minyak goreng serbaguna yang juga cocok untuk memasak dengan suhu tinggi seperti menggoreng dan memanggang.

Sementara itu, minyak wijen yang dipanggang memiliki titik asap yang lebih rendah, sehingga lebih mudah gosong dan pahit jika dipanaskan dalam waktu lama. Oleh karena itu, ini paling cocok untuk memasak dengan api kecil hingga sedang, seperti tumis, atau digunakan sebagai bumbu pada tahap akhir memasak. 

Manfaat Minyak Wijen

1. Dapat Memperbaiki Kadar Kolesterol

Minyak wijen kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL “baik” dan menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat”.

Minyak wijen juga mengandung pitosterol, senyawa yang ditemukan dalam tanaman dengan sifat antioksidan dan menyehatkan jantung. Terutama senyawa sesamol adalah sejenis fitosterol yang terdapat dalam biji wijen dan minyak yang dapat membantu melindungi jantung dengan meningkatkan kolesterol baik.

2. Dapat Memperbaiki Tekanan Darah Anda

Biji wijen dan minyak wijen mengandung sesamin, sejenis senyawa tumbuhan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi peradangan.

Sebuah tinjauan sistematis menyimpulkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, mengonsumsi wijen secara teratur memiliki tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah, serta berat badan dan lingkar pinggang, yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Dapat Mengurangi Risiko Jenis Kanker Tertentu

Lignan dalam biji wijen berpotensi memiliki sifat pelindung terhadap kanker. Penelitian ini masih sangat awal, namun lignan wijen ini mungkin dapat membantu meredakan peradangan dan stres oksidatif yang dapat mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro