Anak obesitas/Istimewa
Health

Anak Obesitas, Saat Dewasa Kemungkinan Besar Obesitas Juga

Rezza Aji Pratama
Selasa, 2 Mei 2017 - 18:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masalah obesitas pada anak harus segera ditangani, karena dapat memberi dampak buruk terhadap tumbuh kembang anak terutama dalam aspek organik dan psikososial.

Obesitas pada anak juga berisiko tinggi menjadi obesitas pada masa dewasa.

Dokter spesialis anak dari RS OMNI Alam Sutera Marlyn C. Malonda mengatakan, penanganan obesitas pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain penanganan perilaku berbasis keluarga dalam hal makan, mengurangi lemak dan diet, modifikasi gaya hidup, latihan atau aktivitas fisik, konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, dan yang terakhir adalah operasi atau pembedahan pada kasus obesitas yang ekstrem.

“Tindakan operasi atau pembedahan hanya akan disarankan jika pengobatan lain gagal dan jika anak telah melalui pubertas atau jika dia sangat gemuk dan memiliki masalah kesehatan lainnya,” ujarnya, Selasa (2/5/2017).

Marylin menuturkan, operasi atau pembedahan harus dimulai dengan terlebih dahulu mempelajari riwayat kesehatan sang anak. Terapi pembedahan ini dalam dunia medis dikenal sebagai bedah bariatrik yang dilakukan dengan operasi pengecilan dan bypass lambung yang bertujuan untuk menurunkan berat badan untuk mengatasi obesitas.

Di negara maju, bedah bariatrik sudah umum dilaksanakan karena terbukti efektif menurunkan berat badan yang dapat bertahan dalam jangka panjang.

Obesitas di Indonesia memang sudah menjadi permasalahan yang serius dengan tingkat obesitas di urutan 10 dunia. Komplikasi penyakit akibat obesitas di antaranya adalah penyakit jantung, diabetes melitus, dislipidemia, gangguan pernapasan pada saat tidur, kanker dan penyakit kardiovaskular utama lainnya.

Apabila tidak mendapatkan intervensi atau penanganan medis yang tepat, maka obesitas dapat meningkatkan risiko komplikasi penyakit di atas bahkan kematian.

Saat ini obesitas juga telah melanda anak sejak usia dini di Indonesia. Riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan sebanyak 18,8% anak usia 5 – 12 tahun mengalami kelebihan berat badan dan 10,8 % menderita obesitas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro