Warga Papua/Antara
Musik

'Bukalah Hati' untuk Anak Papua

Ramdha Mawaddha
Rabu, 19 Juli 2017 - 00:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Rapper Indonesia Saykoji, Monita Tahalea, Gaby Christy dan organisasi kemanusiaan fokus anak Wahana Visi Indonesia (WVI) luncurkan sebuah lagu berjudul Bukalah Hati, Selasa (18/7/2017).

Single tersebut ditulis oleh Saykoji sendiri pada 2012 silam, ditulis ulang pada tahun 2017. Lagu ini secara khusus dipersembahkan untuk anak-anak Indonesia secara umum dan khususnya pada anak-anak di Papua dalam rangka mendukung kampanye #BERANIMIMPI 2017 milik WVI.

#BERANIMIMPI 2017 merupakan kompetisi pencarian dana daring yang diinisiasi oleh WVI, bekerjasama dengan Campaign.com. Penggalangan dana ini bertujuan untuk mendirikan Honai Belajar Anak dan toilet di tiga sekolah di Desa Sapalek, Distrik Napua, Wamena, Papua.

Tiga orang pemenang yang berhasil mengumpulkan dana terbanyak akan diberangkatkan oleh WVI ke Papua dalam sebuah voluntourism trip untuk menikmati keindahan alam Papua sekaligus merasakan indahnya berinteraksi dan berbagi cerita, pengalaman, ataupun keahlian dengan anak-anak disana. Kompetisi ini dilaksanakan melalui portal daring beranimimpi.id.

Kondisi Sekolah

Direktur Komunikasi WVI Priscilla Christin mengatakan, di desa Sapalek tersebut, anak-anak usia dini belum memiliki gedung sekolah dan masih menumpang di kantor kepala desa, sehingga, tambahnya, mereka hanya bisa melakukan kegiatan belajar pada pada hari Jumat dan Sabtu, saat kantor kepala desa sedang tidak beroperasi.

“Masih banyak juga sekolah-sekolah lain yang belum memiliki toilet sehingga anak-anak masih mempraktekan BABS (Buang Air Besar Sembarangan),” katanya dalam keterangan pers.

Kepedulian dan harapan Saykoji terhadap anak-anak Indonesia terdengar jelas melalui bait-bait lirik dalam lagu ini, tentang bagaimana anak-anak tersebut memiliki peranan yang begitu penting sebagai generasi penerus bangsa.

“Masa depan yang baik untuk bangsa Indonesia itu ada di tangan anak-anak. Beberapa belas atau puluh tahun dari sekarang, tentunya merekalah yang in charge terhadap pembangunan bangsa. Jadi, segala kontribusi kita, generasi yang saat ini sedang in charge, sekecil apapun, tentunya akan sangat berarti bagi masa depan bangsa,” jelasnya.

Melalui lagu yang ditulisnya ini, Saykoji ingin mengajak kita semua untuk sadar bahwa sekecil apapun kontribusi kita untuk anak-anak, hal tersebut merupakan sumbangsih kita untuk masa depan bangsa Indonesia yang tercinta.

Priscilla juga turut menyampaikan kegembiraannya akan single ini. “Lagu karya anak bangsa yang juga ditujukan untuk anak bangsa merupakan salah satu cara yang sangat kreatif untuk mendukung perubahan sosial bangsa ini. Terlebih lagi, kreasi ini juga sejalan dengan spirit #BeraniMimpi yang digagas untuk meningkatkan nasionalisme anak bangsa,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro