Ilustrasi/Reuters-Jo Yong-Hak
Health

Waspada, 7 Bahaya Makan Siang di Meja Kerja

JIBI
Rabu, 26 Juli 2017 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Makan di meja kerja saat makan siang bukanlah kebiasaan yang baik. Meski begitu, sebagian besar orang cenderung makan di meja kerja, karena merasa waktu itu tidak boleh disia-siakan dan harus digunakan secara produktif.

Di balik itu, Anda mesti menyadari kalau duduk di belakang meja kerja selama berjam-jam juga dapat meningkatkan stres.

Duduk terlalu lama juga memicu menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti sakit punggung, kelainan kaki, dan meningkatkan risiko sakit jantung.

Bangun dari tempat duduk penting untuk kesehatan mental maupun fisik. Dengan tidak makan siang di meja kerja, berarti Anda memberi kesempatan pada tubuh untuk beristirahat.

Berikut 7 alasan sebaiknya tidak makan siang di meja kerja, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan risiko kesehatan jangka panjang

Makan siang di meja kerja membuat Anda duduk berjam-jam lamanya. Duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol. Ini juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Makanya, makan di meja kerja tidak sehat.

2. Nyeri Sendi

Sendi yang sakit adalah kondisi yang tidak dapat dihindari yang terjadi saat Anda tetap di meja kerja untuk makan. Tetap duduk berjam-jam bisa menyebabkan ketegangan pada otot dan persendian. Duduk lama juga bisa melemahkan otot pinggul serta merembet ke bagian tubuh lainnya.

3. Stres

Kerja pasti bisa membuat stres. Dan makan di meja kerja bisa membuatnya semakin parah. Kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan.

4. Masalah pada otak

Begitu sumber energi kita habis, maka situasi selanjutnya adalah otak akan berkabut. Anda harus bergerak untuk memompa darah segar berisi oksigen ke otak. Makanya, makan siang di meja kerja berbahaya bagi kesehatan.

5. Produktivitas Anjlok

Anda tidak lagi dapat mengerjakan banyak tugas seperti yang biasa dilakukan dengan mudah sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas kerja dan Anda akan sulit konsentrasi.

6. Stamina Turun

Tetap berada dalam mode kerja setiap saat bisa menyebabkan kelelahan. Sebab itu, Anda perlu memberi tubuh kesempatan untuk relaksasi untuk menghilangkan penat.

7. Kehabisan Ide

Terus berkutat di meja kerja dapat memicu stres dan berujung pada kurangnya kreativitas. Keluar ruangan sesekali waktu dapat membantu mengalihkan pekerjaan yang sulit. Sedangkan diam di tempat duduk hanya akan membuat frustrasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro