Virus MERS/Istimewa
Health

2 Jamaah Embarkasi Padang Diduga Terinfeksi MERS, Seorang Meninggal

Heri Faisal
Selasa, 12 September 2017 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Manajemen RSUP Dr M Djamil Padang menduga dua jamaah haji Debarkasi Padang yang baru pulang haji diduga MERS. Salah satunya kemudian meninggal dunia dalam perawatan medis.

MERS atau Middle East Respiratory Syndrome adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus korona

Rusilawati, dokter spesialis paru di RSUP Dr M Djamil Padang mengatakan dugaan itu berdasarkan keduanya yang baru pulang dari Tanah Suci.

“Pasien ini kan pulang haji, jadi ya ada dugaan menderita Mers ya, baru dugaan, belum dipastikan MERS. Kemungkinan lainnya ada inpeksi paru yang lain. Jadi penyebab langsung meninggalnya adalah sepsis dan gagal napas, itu bisa disebabkan oleh MERS Cov atau penyakit paru yang lain,” katanya, Senin (11/9/2017).

Kedua pasien yang diduga terkena Mers itu sudah masuk RSUP Dr M Djamil sejak beberapa hari lalu, atau sejak kepulangan dari menunaikan ibadah haji.

Jamaah haji asal Bengkulu berinisial R, 62 tahun yang tergabung di kloter 3 baru menjalani perawatan kurang dari 24 jam seblum meninggal dunia pada Minggu malam pukul 21.30 WIB.

Sedangkan, korban lainnya berinisial A, 79 tahun asal Kabupaten Agam, Sumbar yang tergabung di kloter 2 masih menjalani perawatan di ruang isolasi penyakit RSUP Dr M Djamil.

Anaknya, Wilda mengatakan ayahnya dirawat sejak dua hari lalu, karena badan panas dan pilek sepulang dari haji.

“Sempat pulang ke rumah, tapi karena khawatir ada gejala Mers, pihak rumah sakit daerah merujuk ke RS M Djamil,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro