Poster film Pengkhianatan G30S PKI/Istimewa
Entertainment

Rektor IKJ Bilang Film G30S PKI Menyebalkan

Newswire
Sabtu, 23 September 2017 - 10:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Seno Gumira Ajidarma menilai bahwa film Pengkhianatan G30S/PKI menarik untuk dipelajari sebagai kasus, bukan untuk pencarian fakta sejarah.

"Jadi dia menarik untuk dipelajari sebagai kasus saja, bukan untuk dinikmati, apalagi untuk mencari fakta sejarah," ujar dia kepada Antara di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Jumat malam (22/9/2017).

Dia menilai, Arifin C Noer dapat menata pemain dengan bagus, sehingga menarik, tetapi secara keseluruhan ia menyebut film berdurasi 271 menit itu merupakan film propaganda.

"Itu filmnya menyebalkan," kata Seno.

Terkait nonton film bareng Pengkhianatan G30S/PKI yang disebut untuk mencegah tumbuh kembalinya ideologi komunis, menurut dia, tergantung pada penilaian apakah memang dibutuhkan oleh orang banyak.

Sementara, mengenai keinginan Presiden Joko Widodo untuk pembuatan ulang film agar sesuai dengan generasi muda, Seno menilai hal tersebut dapat dilakukan untuk membuat versi baru dengan pandangan lain.

"Boleh, bisa, artinya pendapat orang sekarang bagaimana, dalam ngomongin peristiwa 1965. Setiap orang boleh bikin versinya, pengkhianatan boleh, lainnya juga boleh," ucap dia.Top of Form

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro