Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BATIK KLASIK: Karya Iwan Tirta Ditampilkan Dalam Busana Modern & Feminin

BISNIS.COM, JAKARTA -- Motif batik klasik karya almarhum maestro batik Indonesia Iwan Tirta dirancang oleh Era Soekamto dengan tema Royal Wisdom dalam bentuk busana modern dan feminin.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 26 Maret 2013  |  09:36 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA -- Motif batik klasik karya almarhum maestro batik Indonesia Iwan Tirta dirancang oleh Era Soekamto dengan tema Royal Wisdom dalam bentuk busana modern dan feminin.

Keleksi terbaru itu diperagakan dalam rangkaian kegiatan pekan mode Plaza Indonesia Fashion Week 2013 di Funcion Hall Plaza Indonesia, Senin malam (25/3/2013).

Motif-motif buketan, parang barong, gurdo, kawung hingga modang mendominasi rancangan itu. Tata-tata letak motif itu ada yang hadir pada bagian tertentu saja, sehingga tidak semua bahan itu penuh dengan motif batik. Ada pula motif batik itu terdapat pada semua bahannya seperti motif bunga buketan dengan ukuran agakbesar.

Motif-motif tersebut konon katanya dipercaya telah dihasilkan dengan proses spiritual mendalam dengan bentuk meditasi dalam berbagai proses perjalanan atau pencarian. Motif klasik itu ditampilkan dengan kombinasi warna klasik pula seperti kombinasi warna hitam, merah.

Era Soekamto, Art Director Iwan Tirta Private Collection , merancang kain batik motif itu pada 24 koleksi busana wanita yang modern . Dengan menggunakan bahan sutra, Era merancang busana wanita yang didominasi cutting ladylike dan drapreri.

"Royal Wisdom menginginkan kesan wanita modern yang tangguh, anggun namun bersahaja," kata Era yang juga anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) itu.

Pilihan model busana itu ada yang terdiri dari one peace atau two peaces. Modelnya pun beragam seperti outer, blus, cocktail dress hingga evening gown.

Busana itu tidak semuanya menampilkan motif batik, tapi dipadukan dengan bahan yang sutra polos warna hitam yang transparan pada bagian dada atau pada lengan, sehingga tampil modern.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik iwan tirta klasik royal wisdom
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top