Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PAMERAN LUKISAN: Putu Purwa Pamer "Tubuh"

BISNIS.COM, JAKARTA-Perupa asal Bali, Ida Bagus Putu Purwa menggelar pameran tunggal dengan bertajuk “Imba Tubuh”( Illustrating the Body) di Dia.lo.gue artspace yang akan dibuka Kamis malam (18/4/2013).Pameran yang berlangsung sampai 12 Mei
Herry Suhendra
Herry Suhendra - Bisnis.com 18 April 2013  |  10:42 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-Perupa asal Bali, Ida Bagus Putu Purwa menggelar pameran tunggal dengan bertajuk “Imba Tubuh”( Illustrating the Body) di Dia.lo.gue artspace yang akan dibuka Kamis malam (18/4/2013).

Pameran yang berlangsung sampai 12 Mei 2013 ini memajang sejumlah karya terbaru Ida Bagus Putu Purwa. “Imba” adalah kata Kawi (Jawa Kuno) yang berarti sosok atau bentuk dan yang kata kerja pasifnya, “ingimba” berarti ditiru dan “inimba” berarti digambarkan.

Purwa mengimba tubuh dalam berbagai gerakan (yang terbekukan), posisi, ataupun agem –istilah yang digunakan untuk menyebut gerak dalam tarian Bali. “Kesemua tampilan olah tubuh yang biasanya saya kenal dari karya Purwa mengkombinasikan gerakan tersebut dengan bidang gambarnya (natar)," kata Vidyasuri Utami yang menulis pengantar pameran ini.

Menurut Utami, latar atau ruang gambar cenderung absen ataupun berpadu dengan natarnya. “Itu mengapa saya sedikit kaget –dan tertarik (intrigued)– saat saya melihat latar di karya-karya terbaru Purwa. Ini adalah sebuah perkembangan formalistik visual yang cukup menarik".

Latar atau ruang gambar menyeruak saat Purwa mulai “bermain-main” dengan komposisi pada natarnya. "Kita bisa berbicara tentang komposisi dan juga perspektif dalam hal ini".

Tapi yang justru menarik dari latar Purwa adalah bagaimana saat kita memberi jarak pandang terhadap karya-karyanya, kita bisa mengamati kesamaan komposisi yang ia terapkan dengan elemen komposisi yang “sama” dengan karya seni lukis tradisional Kamasan Bali.

Selain kemunculan latar dalam karya-karyanya kali ini, Purwa pun melakukan eksplorasi medium, kertas. Kertas adalah medium klasik dalam seni rupa tapi kerap kali dipandang sebelah mata oleh banyak pihak, padahal kekuatan medium ini tentunya masih dapat dieksplorasi.

Pada karya kertasnya Purwa menampilkan kecanggihan tampilan terhadap imba tubuhnya. Lebih halus, lebih detil atau komentar-komentar lainnya bisa muncul saat berhadapan dengan karya kertasnya yang jauh lebih kecil dari karya kanvasnya.

Satu hal yang seringkali kita luput untuk mengapresiasi pada sebuah karya berukuran kecil adalah proses penciptaan dan upaya yang dibutuhkan sama besar dan sama intensitasnya dengan karya-karya berukuran besar.

“Natar yang kecil memberikan tantangan tersendiri bagi pelukis untuk dapat menampilkan obyek atau subyeknya dengan sempurna. Dan Purwa mampu melakukannya dengan baik," tutur Utami.

 




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lukisan putu purwa
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top